1.374 PNS di Rembang Ikuti Tes CAT Kompetensi

 

BATANGPOS.COM, REMBANG – Pemkab Rembang menggelar tes penilaian potensi berbasis komputer atau CAT Potensi, bagi 1.374 pegawai negeri sipil (PNS). Tes digelar di SMAN 1 Rembang selama empat hari, yaitu 5 Juli 2022 dan 6 Juli 2022, serta 12 Juli 2022 dan 13 Juli 2022.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang, Afan Martadi dalam pembukaan pada hari kedua, Rabu (6/7/2022) menyebutkan pelaksanaan tes CAT tersebut mengacu sejumlah peraturan dari Pemerintah Pusat.

Beberapa di antaranya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang diubah menjadi PP Nomor 17 tahun 2020.

Selain itu juga juga mengacu sejumlah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), yakni Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standart Kompetensi Jabatan ASN; nomor 40 tahun 2012 tentang Pedoman Sistem Merit Dalam Manajemen ASN; Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta ASN, serta Nomor 22 tahun 2021 tentang Pola Karir PNS.

Adapun tujuan pelaksanaan tes CAT Potensi ini, menurut Affan Martadi, untuk memperoleh profil potensi PNS dan sebagai langkah awal mewujudkan manajemen talenta instansi dalam hal ini Pemkab Rembang. Sebagai upaya penerapan sistem merit dalam manajemen ASN.

“Ini target kami dan sudah ada di RPJMD, sistem merit itu target prioritas, setelah CAT Potensi kita akan benahi sistem kerjanya sehingga akan ada perpaduan antara potensi, kompetensi dengan kinerja dan ini berpengaruh terhadap jenjang karir,” ungkapnya.

Pelaksanaan tes dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama pada pukul 7.30 WIB hingga 10.00 WIB, sesi kedua pukul 10.30 hingga 13.00 WIB, dan sesi ketiga mulai 13.30 hingga 16.00 WIB.

Pendaftar untuk penilaian ini sebanyak 1.380 PNS, namun yang hadir 1.374 orang. Sebanyak enam PNS lainnya berhalangan hadir karena menunaikan ibadah haji.

“Mereka dijadwalkan mengikuti tes serupa dengan waktu yang belum diketahui, di BKD Provinsi Jawa Tengah,” imbuhnya.

Total PNS di Kabupaten Rembang sekitar 6.000 orang. Targetnya secara bertahap seluruh PNS dapat mengikuti tes CAT Potensi ini.

Kepala Unit Penilaian Kompetensi BKD Provinsi Jateng Raden Rara Utami Rahajeng menyebut peserta CAT Potensi di Rembang terbanyak se Jawa Tengah tahun ini. Hal itu menunjukkan komitmen Kepala Daerah di Rembang berkomitmen dalam peningkatan SDM pemerintahan yang juga didukung oleh anggaran.

Raden Rara Utami menjelaskan tes CAT Potensi ini merupakan tes psikologi melalui komputer yang mengukur aspek kemampuan berfikir, intra personal, interpersonal, potensi hambatan, potensi sikap kerja, integritas peran dalam kelompok.

“Sehingga manfaatnya itu untuk menyusun data base, sehingga Pak Affan tidak kesulitan memetakan posisi panjenengan itu diposisi kuadran yang mana. Kalau sudah bagus- bagus ya sudah tinggal lanjut ke asesment, tetapi kalau ada yang harus dipertimbangkan lagi berarti mengukur di kediklatannya, sehingga akan nyambung dan bersinergi, ” terangnya.

Sementara itu Bupati Rembang H Abdul Hafidz menuturkan penilaian potensi berbasis komputer ini dapat menjadi sarana guna memastikan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam birokrasi pemerintahan unggul. Harapan besar ketika PNS dan pemerintahannya unggul tentu dapat mendukung terwujudnya kemakmuran negara.

“Target dari sistem ini adalah Kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Profil ini yang akan terus kita baca di dalam menempatkan, mengurus panjenengan (PNS) di dalam jajaran birokrasi pemkab Rembang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati menekankan bahwa di dalam birokrasi, pegawai harus memiliki semangat berkompetisi dengan menunjukkan kinerja terbaik. Sudah tidak zamannya kerja seenaknya sendiri, karena itu berpengaruh terhadap ketaatan kinerja dan kesejahteraan pegawai yang bersangkutan. (HS-08)