1.500 RTLH di Kendal Bakal Direhabilitasi Tahun ini

BATANGPOS.COM, KENDAL – 1.500 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Kendal rencananya akan direhabilitasi pada tahun 2022 ini. Jumlah tersebut termasuk sedikit karena di Kendal ada sebanyak 37.800 RTLH yang harus diselesaikan.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengatakan, rehab RTLH ini menjadi program stimulus. Dia berharap ada suport dari masyarakat untuk membantu sesama.

“RTLH itu kan program stimulus. Jadi kita tidak mungkin bisa memfasilitasi 100 persen,” ujarnya, saat ditemui usai rapat paripurna di DPRD Kendal, Rabu (8/6/2022).

Dico juga berharap, nantinya ada program-program di luar RTLH yang bisa memberikan dampak pembangunan. Adapun terkait dana dusun hanya difokuskan untuk perkembangan ekonomi masyarakat.

“Kita berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan stimulus ini. Dan kita juga menyiapkan program agar masyarakat bisa mandiri setelah stimulus RTLH ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Kendal M Noor Fauzie menjelaskan, bantuan rehabilitasi RTLH ini menggunakan sumber dana dari Bantuan Provinsi, Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurutnya, tahun ini dari APBD Kabupaten Kendal tidak ada anggaran. Karena APBD sudah melalui bantuan dana dusun.

“Rinciannya, dari DAK ada 150 unit bangunan baru dengan nilai Rp 37 juta per rumah, dari APBN BSPS sebanyak 915 rumah masing-masing Rp 20 juta dan bantuan provinsi lebih dari 100 rumah masing-masing Rp 12 juta,” bebernya, Kamis (9/6/2022).

Ditambahkan, capaian rehabilitasi RTLH tertinggi yakni pada tahun 2019 sebanyak 3.000 rumah berhasil di rehabilitasi. Ia juga menyebut, tahun ini masih terus mengusulkan bantuan rehabilitasi RTLH.

Fauzie berharap, tahun 2022 ini ada peluang tambahan untuk mengurangi tingginya angka RTLH. Supaya RTLH di Kabupaten Kendal segera terselesaikan dengan maksimal.

“Idealnya per tahun itu mencapai 7.000-an rumah yang harus direhab. Meski begitu, progres rehabilitasi RTLH di Kabupaten Kendal saat ini terus berjalan di berbagai kecamatan di Kabupaten Kendal,” pungkasnya. (HS-06).