10.500 Bendera Dibagikan kepada Pelajar dan Masyarakat

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dalam rangka mensukseskan program Kementerian Dalam Negeri di HUT ke-77 RI, Pemkab Kendal menggelar pembagian bendera Merah-Putih, Rabu (10/8/2022) dan Kamis (11/8/2022).

Pembagian bendera dilakukan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Kabupaten Kendal.

Total ada 10.500 bendera berukuran kecil yang biasa dipasang di becak-becak maupun di sepeda motor dan berukuran besar, dibagikan di sekolah-sekolah dan di pasar-pasar di sebagian wilayah di Kabupaten Kendal.

Sasaran pembagian adalah masyarakat, tetutama pengayuh becak, sais dokar juga pengemudi ojol, serta pedagang kaki lima yang mangkal di Pasar Sidorejo Brangsong dan sekitar sekolah di wilayah Kecamatan Patebon.

Kasubag Umum Diskominfo Kendal Tri Kusuma Aji mengatakan, pemberian bendera sengaja menargetkan pemuda terutama para pelajar, yang bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme pada generasi muda, lantaran perjuangan negara ini ke depan pemuda yang akan meneruskannya.

“Kita targetnya memang generasi muda, ini tentunya supaya rasa nasionalisme melekat dan mengingatkan perjuangan dari para pejuang terdahulu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka mendukung program Kemendagri RI dengan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah-Putih.

Selain pelajar, sasaran pembagian juga kepada pengemudi becak, dokar dan ojol, supaya bisa langsung dipasang di becak, dokar dan motor, serta lapak pedagang.

“Selain itu, untuk menggugah rasa cinta tanah air dan menghormati jasa pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Sementara, salah seorang pengemudi becak, Bunawan mengaku dengan pembagian ini bisa menggugah semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

“Ya sebagai rasa cinta dan tanah air, saya terima kasih sudah diberi bendera ini dan langsung saya pasang,” ungkapnya.

Pembagian dan pemasangan bendera Merah-Putih tidak hanya dilakukan di luar pasar Sidorejo Brangsong saja, namun juga dibagikan kepada para pedagang di dalam pasar.

Tidak hanya itu, bahkan para pengemudi sepeda motor yang melintas di sekitar pasar Sidorejo, juga menjadi sasaran pembagian bendera Merah-Putih. (HS-06)