107 Anak Mengikuti Khitan Massal yang Digelar Masjid Agung Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Takmir Masjid Agung Kendal kembali mengadakan khitan massal, setelah dua tahun vakum karena kondisi pandemi Covid-19. Khitan massal yang terselenggara berkat kerjasama Takmir Masjid Agung Kendal dan Baznas Kabupaten Kendal ini diikuti 107 anak pada malam Hari Raya idul Adha, Sabtu (9/7)

Salah satu peserta khitan, Ahmad Faisal Ramadhan, warga Desa Kebonharjo, Kecamatan Patebon mengaku antusias mengikuti kegiatan khitan tersebut.

Ayahnya, Prayitno juga mengaku, dirinya mendaftarkan anaknya dalam program khitan tersebut dengan harapan lelak anaknya bisa menjadi anak yang soleh dan rajin beribadah.

“Alhamdulillah, saya sangat senang anak saya bisa mengikuti program khitan Masjid Agung Kendal ini. Semoga menjadi anak yang soleh dan berbakti kepada orang tua,” ungkapnya, saat ditemui di kediamannya, Senin (11/7/2022).

Tiap peserta khitan mendapatkan seragam berupa baju batik, sarung batik, peci, sandal, sabuk, dan celana dalam khitan. Selain itu juga mendapat uang saku dari sejumlah donatur.

Kegiatan khitan massal ini melibatkan 20 petugas medis, terdiri dari dokter, perawat dan paramedis yang menggunakan alat khitan modern. Selain itu, nak-anak yang dikhitan akan mendapat perawatan dari tim medis.

Sebelumnya; Takmir Masjid Agung Kendal, KH Ali Chasan mengatakan, kegiatan khitan massal merupakan program rutin Masjid Agung Kendal tiap malam Idul Kurban yang boleh diikuti semua kalangan.

“Tujuannya, selain melaksanakan program kerja Tamir Masjid Agung Kendal, juga untuk membina kepribadian anak supaya pada saat remaja hingga dewasa menjadi anak-anak yang soleh, cinta pada masjid, ahli ibadah, berjamaah solat dan mengaji,” terangnya.

Dijelaskan, tujuan utama mengadakan khitan massal ini untuk membina kepribadian anak, supaya ketika remaja hingga dewasa menjadi anak sholeh, mencintai masjid, ahli ibadah, rajin membaca Al Quran atau belajar menghafal dan memahami Al Quran.

“Seperti malam kurban, ada kegiatan diisi dengan khataman. Hal ini untuk menanamkan supaya anak itu mencintai dan semangat belajar quran. Syukur mau menghafal, memahami dan mengamalkan Alquran,” jelas Ali Chasan.

Sementara kegiatan kurban, panitia Masjid Agung Kendal, sepuluh ekor sapi dan beberapa ekor kambing. Dua ekor sapi merupakan kurban dari Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan dari Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki. (HS-06).