117 Siswa SD Pageruyung Kendal Ikuti Lomba Festival Lomba Seni Nasional

BATANGPOS.COM, KENDAL – Sebanyak 117 siswa sekolah dasar di Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kecamatan. Lomba digelar di Aula Kantor Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Pageruyung, Kamis (30/6/2022).

Kompetisi digelar, dengan tujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa-siswi SD.

Selain itu untuk meningkatkan kreativitas, sekaligus memotivasi peserta didik khususnya siswa SD, agar mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat dan bakat kemampuannya. Nantinya yang berhasil meraih juara, akan mewakili kecamatan di tingkat Kabupaten maupun Provinsi, juga nasional.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan setelah pandemi Covid-19 melanda. Karena sudah dua tahun, tidak ada kegiatan lomba-lomba untuk pengembangan bakat anak.

Adapun kegiatan yang dilombakan meliputi, Kriya Anyam, Gambat Bercerita, Menyanyi, Pantomim dan Seni Tati.

Ketua Panitia Lomba FLS2N, Sukerno mengatakan, tujuan digelarnya lomba, adalah untuk mengasah otak seni para siswa, sekaligus memupuk keterampilan yang sudah dimiliki para siswa.

Selain itu, tujuannya untuk menampilkan karya yang kreatif dan inovatif bagi peserta didik SD, untuk mengedepankan sikap sportivitas, dalam pengembangan diri secara optimal.

“Sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan mengembangkan ekpresi seni, sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik,” terang Sukerno.

Dirinya berharap, dengan adanya lomba ini, diharapkan muncul bibit-bibit prestasi dari para siswa SD. “Selain itu kegiatan ini digelar sebagai obat perindu para siswa setelah dua tahun tidak ada kegiatan seperti ini akibat pandemi. Meski demikian, dikarenakan pandemi belum sepenuhnya usai, kami tetap mengedepankan protokol kesehatan,” harap Sukerno.

Salah satu siswa SDN 2 Puncakwangi, Riyan mengaku, untuk mengikuti lomba ini dirinya sudah mempersiapkan selama dua bulan, dengan bimbingan guru. “Ya semoga saya bisa menang. Kalaupun tidak dapat juara, yang penting sudah berusaha mengikuti lomba,” ungkapnya.(HS)