288 Calon Haji Ikuti Manasik, Bupati Blora Janjikan 10 Bus untuk Mengantar ke Donohudan

 

BATANGPOS.COM, BLORA – Bupati Blora, Arief Rohman menjanjikan akan menyediakan 10 bus, untuk mengantar 288 calon jemaah haji dari Blora ke asrama haji Donohudan, Boyolali.

Janji itu disampaikan Bupati Blora, Arief Rohman, dalam acara pembukaan manasik haji untuk 288 calon jemaah haji dari Blora, yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Manasik haji tersebut diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Blora, di Pendopo Rumah Bupati, Jumat (27/5/2022) dan Sabtu (28/5/2022).

”Kami siapkan 10 bus untuk antar-jemput ke Donohudan, bagi jamaah calon haji tahun ini,” kata Bupati, yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Blora.

Dalam kesempatan itu,  Bupati juga mengajak para calon jemaah haji, untuk bersyukur, karena setelah dua tahun berhenti, tahun ini akan ada pemberangkatan lagi.

“Alhamdulillah saya ikut senang. Setelah dua tahun Haji off gara-gara pandemi, kini akan diberangkatkan kembali. Dan panjenengan semuanya ini merupakan para jamaah calon haji terpilih yang akan berangkat tahun ini. Maka patut bersyukur, karena kadang ada juga sudah punya uang tapi belum bisa berangkat,” ucap Bupati Arief.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Blora, HM Kafit menyampaikan bahwa jumlah jamaah calon haji Blora tahun 2022 ini, sebanyak 288 orang, terdiri atas 128 laki laki dan 158 perempuan, ditambah dua petugas TPHD dan KBIHU.

Dijelaskan, jamaah calon haji Blora akan berangkat pada 30 Juni mendatang. Dari 288 calon jemaah haji, 216 di antaranya masuk kloter 40, dan 72 berangkat dalam kloter 41.

Pada tahun ini, calon jamaah haji termuda adalah Mazid Ilma Rofida yang berumur 21 tahun, adapun yang tertua, adalah Suparman yang berumur 65 Tahun.

“Perlu diketahui bahwa tahun ini diberlakukan jamaah calon haji maksimal berumur 65 tahun oleh Pemerintah,” tambah HM Kafit.

Sementara itu, suasana semringah mewarnai ratusan jamaah calon haji Blora yang berkumpul di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Suparti, calon jamaah haji dari Kelurahan Jetis Blora, menyatakan dirinya merasa senang karena akhirnya bisa segera berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

“Senang, setelah tertunda dua tahun akibat pandemi corona. Akhirnya tahun ini akan berangkat juga. Mohon doanya semoga semuanya lancar dan dapat kembali ke Blora menjadi haji yang mabrur, aamiin,” kata Suparti.

Usai dibuka Bupati, para jamaah calon haji ini mendapatkan materi pembinaan manasik Haji dari Kantor Kemenag Blora, dan Ketua MUI Kabupaten Blora, KH. Muharror Ali, yang juga Pengasuh Ponpes Khozinatul Ulum Blora. (HS-08).