45 Pelatih Fisik Cabor di Kendal Mengikuti Pelatihan Level 1 Nasional

BATANGPOS.COM, KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata melaksanakan Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional Cabang Olahraga (cabor) Kabupaten Kendal tahun anggaran 2022 l, di Mess Atlet Komplek Stadion Utama Kendal.

Acara yang digelar selama tiga hari mulai Sabtu (28/5/2022) hingga Senin (30/5/2022) menghadirkan nara sumber di antarahya, Prof Dr Ria Lumintuarso selaku Ketua Lembaga Pendidikan Pelatihan Olahraga (LP2O) LANKOR dan Dr Devi Tirtawirya selaku Anggota LP2O LANKOR.

Acara pembukaan pelatihan dihadiri Pj Sekda Kendal Sugiono, Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, Ketua Umum KONI Kabupaten Kendal, Subur Isnadi, serta para pengurus KONI dan para pelatih dari berbagai cabang olahraga di Kabupaten Kendal.

Pj Sekda Kendal, Sugiono usai acara pembukaan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kendal mengapresiasi adanya pelatihan bagi para pelatih olahraga ini.

Menurutnya, pelatihan ini merupakan terobosan terbaru untuk kemajuan olahraga di Kabupaten Kendal.

“Sesuai amanat Bapak Bupati Kendal, kami berkomitmen untuk memajukan SDM pelatih Kabupaten Kendal di kancah nasional maupun internasional dan menciptakan atlet-atlet yang mampu dan memiliki daya saing yang kuat,” ujarnya.

Sugiono menambahkan, olahraga terdiri dari fisik, teknik, taktik dan mental. Sehingga fisik sangat penting.

Sehingga pelatihan ini sangat perlu diikuti oleh para pelatih cabang olahraga. Bahkan kepada para ASN, dirinya memberikan ijin untuk mengikuti acara ini.

Sedangkan untuk lembaga lain seperti lurah atau perangkat desa bisa dimintakan ijin kepada pejabat di atasnya.

“Karena olahraga apapun membutuhkan fisik yang kuat. Jadi harapannya, dengan pelatihan ini penanganan para atlet lebih optimal. Apalagi pelatihan ini mendatangkan para ahli di bidangnya,” tandas Sugiono.

Sementara, Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, dari 51 cabor yang ada di Kabupaten Kendal, ada 45 cabor yang diikutkan dalam acara pelatihan ini.

Senada dengan Pj Sekda, Kadisporapar juga menegaskan, dalam olahraga tidak hanya mengandalkan teknik saja, tapi juga kekuatan fisik harus diimbangi.

“Sehingga teknik-teknik yang sudah dikuasai pelatih dan atlet ini bisa diimbangi dengan fisik yang bagus. Harapannya ini menjadi persiapan untuk Pra Porprov 2022 dan juga menghadapi Porprov 2023 yang dilaksanakan di Pati Raya,” ungkap Ircham.

Dirinya juga berharap, pelaksanaan pelatihan bukan sekadar untuk mengejar dan mendapatkan sertifikat, tetapi peserta dituntut harus bisa mengembangkan ilmu dan kemampuan kepelatihannya guna mendorong perkembangan dan kemajuan prestasi olahraga di Kabupaten Kendal.

“Kami berharap kepada para peserta diharapkan memanfaatkan pelatihan ini semakimal mungkin. Serap ilmu sebanyak-banyaknya dari para nara sumber. Tingkatkan terus kemampuan pelatih dan atlet,” imbuh Ircham.

Ketua Lembaga Pendidikan Pelatihan Olahraga (LP2O) LANKOR, Ria Lumintuarso dalam pemaparan materinya menyampaikan, Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 ini adalah dasar dari pelatihan menuju level 2 dan level 3.

Dijelaskan, latihan fisik berisikan pengetahuan dasar-dasar yang akan diberikan yaitu terkait pengembangan kondisi fisik seperti kekuatan, kecepatan, daya tahan dan fleksibelitas.

“Kami punya program latihan pelatih, yang pertama adalah apa yang akan dilatih pada setiap cabornya. Jadi bagaimana cara melatihnya dan kapan pelatihan itu akan diberikan dan nantinya para peserta harus bisa menjawab semua itu,” papar Ria.

Dirinya berharap, dengan adanya pelatihan pelatih fisik level 1 ini para pelatih cabang olahraga di Kabupaten Kendal kedepannya akan mendapat kompetensi bagaimana nantinya dapat melatih fisik para atlet di setiap daerah masing-masing.

Sementara itu, Ketua KONI Kendal, Subur Isnadi menambahkan, keberadaan pelatih fisik sudah menjadi kebutuhan di dunia olahraga. Untuk itu pihaknya sangat mendukung kegiatan Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional ini.

“KONI Kabupaten Kendal sangat mendukung serta mengapreasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pelatih fisik Level 1 Nasional, yang diselenggarakan Disporapar Kendal ini,” ujarnya. (HS-06)