45 UMKM Kendal Ramaikan Water Six Festival 2022 di Weleri

BATANGPOS.COM – Sebanyak 45 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Weleri dan sekitarnya, berpartisipasi dalam Water Six Fest 2022, yang digelar di Six Water Game Weleri, 25 – 27 Maret 2022.

Acara yang didukung penuh oleh Bank Jateng, Bank BRI, PT Gudang Garam dan Teh Botol Sosro tersebut, dalam pembukaan dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Kendal, Wynne Frederica, Owner Six Water Game Weleri Nashri dan Nashron, Komisaris Six Water Game Taufik Husein dan Forkopimcam Weleri serta Kepala Desa Sambongsari.

Owner Six Water Game, Nashri mengatakan, festival ini sebagai titik balik UMKM untuk terus maju, bangkit, dan meningkatkan inovasi dan kreativitas produk di tengah pandemi Covid-19. Karena menurutnya, UMKM adalah tonggak kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Di acara festival yang biasanya digelar dua kali dalam setahun ini, kami menggelar bazar UMKM, kemudian juga ada kuliner dan juga pentas musik. Ini bisa mengobati kerinduan para pelaku UMKM yang sudah dua tahun vakum tidak ada kegiatan semacam ini,” ujarnya, Jumat (25/3/2022).

Nashri menjelaskan, rangkaian kegiatan Festival UMKM ini digelar, juga dalam rangka memotivasi dan memperluas pasar UMKM Kabupaten Kendal agar dapat bangkit di masa pandemi ini.

Festival memperkenalkan kekayaan inovasi produk kuliner dan produk kreatif dari UMKM Kabupaten Kendal ini diharapkan akan terjadi transaksi optimal untuk mendorong perputaran ekonomi masyarakat. Ia pun mengungkapkan, festival ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Kendal dan perbankan milik pemerintah.

“Pemkab Kendal mendukung penuh pelaksanaan Festival UMKM ini, dalam misi membangkitkan perekonomian masyarakat akibat pandemi. Di mana acara ini merupakan sebuah gerakan nyata untuk membangkitkan motivasi dan optimisme UMKM untuk bangkit,” ungkap Nashri.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kendal, Wynne Frederica berharap, para pelaku UMKM bisa membuat terobosan inovasi untuk produknya. Supaya produk UMKM Kendal bisa go internasional.

“Kemarin saat ada pameran di Jakarta, Bapak Presiden kita mengunjungi stan UMKM Kabupaten Kendal. Bahkan Bapak Presiden tertarik dengan produk UMKM kita,” ujar Chacha sapaan artis cantik ibukota tersebut.

Ia pun menambahkan, saat ini pihaknya sedang fokus untuk mendorong pelatihan kepada para pelaku UMKM, terutama terkait packaging produk.

“Harapannya dengan berbagai pelatihan ini, seluruh produk UMKM di Kendal bisa lebih dikenal dan bisa mendunia,” imbuh Chacha.

Komisaris Water Six, Taufik Husain dalam sambutannya mengatakan, UMKM menjadi sektor yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Pendapatan sektor ini turun drastis, sejalan dengan terpukulnya pariwisata nasional.

“Pulihnya sektor UMKM menjadi salah satu perhatian Bupati Kendal, Bapak Dico M Ganinduto, yang menginginkan agar UMKM dapat kembali berdaya dan berkarya. Sehingga perekonomian masyarakat kembali normal,” ujarnya.

Taufik menambahkan, kegiatan ini merupakan sebuah terobosan dan keseriusan dalam membangkitkan semangat pelaku UMKM di Kabupaten Kendal di tengah masa pandemi, yang kondisinya mulai membaik.

“Harapannya dengan kegiatan ini, UMKM yang ada di Kendal dan wilayah Weleri yang sudah berpuasa event selama dua tahun bisa terobati dan bisa bangkit lagi,” pungkasnya.(HS)