47 Kantong Darah Dihasilkan dari Kegiatan Donor Darah Pemuda Pancasila Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Pengurus Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Kendal bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal menggelar aksi peduli kemanusiaan donor darah, di Stadion Utama Kendal, Minggu (14/8/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Kendal, Ghufroni, Ketua PAC Kecamatan Kendal, Afid Rokhim, beserta beberapa Ketua PAC lain, para Ketua Ranting, dan anggota Pemuda Pancasila, serta masyarakat.

Ketua PAC Kecamatan Kendal, Afid Rokhim mengatakan, aksi donor darah diselenggarakan sebagai wujud kepedulian Pemuda Pancasila terhadap kemanusiaan dan merupakan bentuk kepedulian sosial kepada sesama yang membutuhkan darah.

“Selain itu, kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Aksi donor darah mendapatkan apresiasi positif dari anggota Pemuda Pancasila dan masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dari jumlah pendaftar donor darah mencapai puluhan orang. Baik dari anggota maupun warga.

“Target kami 100 kantong darah. Namun karena ini hari Minggu berbarengan dengan kegiatan di kampung-kampung dalam rangka HUT Kemerdekaan, jadi yang hadir hanya puluhan anggota saja,” imbuh Afid.

Sementara dokter Agus Suwondo dari PMI Kabupaten Kendal mengatakan, dalam kegiatan donor darah Pemuda Pancasila ini terkumpul 47 kantong darah.

“Alhamdulillah ini mendapatkan 47 kantong darah dari 100 kantung yang ditargetkan. Kami dari PMI Kabupaten Kendal menyampaikan terima kasih kepada Pemuda Pancasila Kendal yang sudah peduli dengan menggelar kegiatan donor darah ini,” ujarnya.

Dokter Agus mengungkapkan, untuk stok darah di PMI Kendal saat ini masih aman. Hanya saja PMI Kendal kekurangan stok darah golongan A.

“Kebanyakan yang donor itu golongan darah O, B dan AB. Kalau untuk golongan darah A masih kurang. Untuk itu kami minta kepada masyarakat yang memiliki golongan darah A untuk bisa menyumbangkan darahnya di PMI Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kendal, Ghufroni mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh PAC Kecamatan Kendal ini.

Kegiatan seperti ini menurutnya akan rutin dilakukan oleh PAC di seluruh Kabupaten Kendal, sebagai bentuk kepedulian anggota kepada sesama.

“Untuk tiga bulan ke depan yang menyelenggarakan donor darah ini dari PAC Kecamatan Patebon, sekaligus menyambut HUT Pemuda Pancasila yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2022,” kata Ghufroni.

Pada penyelenggaraan donor darah di Patebon nantinya, juga akan dilakukan dengan pembagian doorprize, karena target yang akan dicapai sebanyak 150 kantong darah.

“Kita sudah berembug dengan Ketua PMI Kabupaten Kendal, dalam acara donor darah di Patebon mendatang, supaya lebih semarak, maka akan kita sediakan doorprize dengan hadiah yang menarik tentunya,” imbuh Ghufroni.(HS)