493 Calon Jamah Haji Asal Kendal Siap Diberangkatkan

BATANGPOS.COM, KENDAL – Ratusan calon jamaah haji tingkat Kabupaten Kendal tahun 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi, mengikuti Bimbingan Manasik Haji di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Senin (23/5/2022).

Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki tampak hadir beserta Pj Sekda Kendal Sugiono, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus.

Dalam sambutannya, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengungkapkan, akibat adanya pandemi Covid-19, ratusan ribu calon jamaah haji asal Indonesia tertunda pemberangkatannya.

“Alhamdulillah di tahun 2022 ini, Pemerintah Arab Saudi sudah membuka kembali. Sehingga calon jamaah haji Indonesia termasuk dari Kabupaten Kendal, bisa melaksanakan rukun Islam yang ke lima yakni menunaikkan ibadah haji,” ungkapnya.

Bupati menghimbau kepada calon jamaah haji, untuk selalu menjaga kesehatan dalam pelaksanaan haji dan selau bersabar, serta menitip doa kepada calon jamaah haji untuk kemajuan Kabupaten Kendal.

Dirinya juga berharap, semoga seluruh calon jamaah haji dan pendamping saling menjaga kekompakan dan kebersamaan serta saling membantu selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.

“Semoga calon jamaah haji Kabupaten Kendal menjadi haji yang mabrur yang selalu menjaga kemabrurannya sepanjang hayat dan semoga kembali lagi ke Kabupaten Kendal dalam keadaan sehat wal’afiat,” imbuh Bupati.

Usai acara pembukaan, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kendal, Mahrus dalam sambutannya melaporkan, jumlah kuota haji Indonesia tahun 2022 ini sebanyak 100 ribu jamaah.

“Untuk Kabupaten Kendal total ada 493 jamaah yang akan kita berangkatkan, terdiri dari 461 jamaah terkonfirmasi lunas, empat petugas pendamping dan 28 jamaah cadangan. Untuk keberangkatan jamaah cadangan berbeda dengan yang sudah terjadwal,” paparnya.

Dijelaskan, untuk keberangkatan jamaah haji tahun ini, dari Pemerintah Arab Saudi membatasi usia maksimal 65 tahun. Sedangkan yang usianya di atas 65 tahun, pihaknya berjanji akan diikutkan di tahun berikutnya.

Mahrus juga mengaku, sampai saat ini, Kemenag Kabupaten Kendal belum mendapatkan kepastian jadwal pemberangkatan jamaah haji dari pemerintah.

“Ya keputusan dari Pemerintah Arab Saudi, jamaah haji tahun 2022 ini dibatasi usianya di bawah 65 tahun. Untuk keberangkatan haji, kami dan seluruh Kemenag di Jawa Tengah belum mendapatkan jadwal,” ujarnya.

Salah seorang calon jamaah haji, Muh Abidin (62) warga RSS Blok L Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal mengaku, dirinya sudah mendaftarkan haji sejak tahun 2011 lalu.

“Seharusnya saya berangkat tahun 2020 lalu. Tapi karena ada pandemi, jadi tertunda dua tahun. Insya-Allah di tahun 2022 ini saya sudah siap untuk berangkat,” ungkapnya. (HS-06).