50 Pengusaha Muda Ikuti Sekolah Bisnis yang Digelar Disporapar Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid membuka kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda atau Sekolah Bisnis Tahun 2022, di salah satu kafe di Kendal, Selasa (28/6/2022).

Sebanyak 50 peserta yang telah terverifikasi pendaftaran dan dinyatakan lolos oleh Bidang Kepemudaan Disporapar Kabupaten Kendal mengikuti Sekolah Bisnis yang dilaksanakan Selasa-Kamis (28-30/6/2022) ini.

Acara menghadirkan beberapa narasumber di antaranya, Wahyu Hidayat, selaku Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kendal, Nur Cahyono, selaku GM Hotel Marriot Semarang, dan Bagus alumni terbaik Sekolah Bisnis Tahun 2018.

Ircham dalam sambutannya mengatakan, kewirausahaan ini tentunya merupakan sarana untuk membangkitkan semangat kewirausahaan bagi kaum muda agar mampu membaca berbagai peluang usaha di era teknologi dan globalisasi saat ini.

“Dalam upaya mengembangkan potensi sekaligus membuka peluang usaha kreatif yang bukan hanya memberi keuntungan secara individu tetapi mampu menciptakan lapangan usaha bagi orang lain,” ujarnya.

Ircham menjelaskan, sekolah bisnis bertujuan memberikan dukungan sekaligus mengarahkan tentang dunia bisnis kepada pengusaha muda. Itulah sebabnya, dalam kegiatan ini, para peserta yang dipilih adalah para pengusaha muda dan pekerja yang ingin mengembangkan usahanya.

“Panjenengan semua akan dibina dengan berbagai macam pelatihan tentang kewirausahaan. Supaya bisa bertahan dan berkembang di era persaingan usaha. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan para peserta bisa lebih semangat,” jelasnya.

Ircham menambahkan, peluang sekaligus tantangan bagi UKM dan pengusaha muda Indonesia, khususnya wirausahawan, untuk merintis dan mengembangkan usaha domestik yang bisa bersaing di pasar regional, nasional dan internasional.

“Jadi manfaatkan setiap kesempatan agar menjadi peluang bagi pengembangan kewirausahaan para pemuda,” imbuhnya.

Ircham berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong semangat dan minat para peserta memulai dan mengembangkan bahkan ekspansi ke bidang komoditi yang bisa merekrut tenaga kerja yang banyak.

“Kita bisa menyerap ilmu dari narasumber yang hadir dalam pelatihan selama tiga hari ini. Karena ada pak Wahyu BKPP, pak Nur Cahyono GM Hotel Marriot dan mas Bagus, alumni terbaik Sekolah Bisnis tahun 2018, yang sekarang menjabat sebagai direktur di salah satu perusahaan,” bebernya.

Sehingga, Ircham berharap, Kabupaten Kendal bisa menjadi yang terdepan dalam mengembangkan kewirausahaan dengan kreativitas dan profesional muda, yang dapat menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan yang nyata.

“Yakni terbentuknya para pengusaha muda yang memiliki semangat yang tinggi dan tentunya inovatif dalam mengembangkan berbagai usahanya,” harapnya.

Sebagai penutup sambutan, Ircham berharap supaya peserta Sekolah Bisnis tahun 2022 ini, dapat menyerap ilmu yang disampaikan para narasumber dan mengaplikasikan dalam kegiatan usahanya. (HS-06)