Akibat Puting Beliung di Kendal, Pohon Tumbang dan Rumah Penduduk Rusak

BATANGPOS.COM, KENDAL – Beberapa rumah dan sejumlah pohon tumbang di Kecamatan Kota Kendal, akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu siang (5/6/2022).

Kejadian terparah berada di wilayah Kelurahan Karangsari, Patukangan, Pekauman, Pegulon, dan Kebondalem. Bahkan, akibat angin kencang tersebut, salah satu tower Radio LPPL Swara Kendal milik Pemkab Kendal roboh.

Beberapa rumah di di wilayah RT 04 RW 01 dan RT Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal juga mengalami kerusakan setelah diterjang angin.

Kepala Kelurahan Karangsari, Gatot Tunggul Wulung mengatakan, kebanyakan kerusakan yang dialami adalah atap rumah dan beberapa pohon tumbang.

“Bahkan ada salah satu warung yang terbang berpindah sejauh 10 meter milik warga Zarwani,” ujarnya.

Gatot menyebut, tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Pihaknya sudah meminta kepada masyarakat untuk bergotong royong melakukan perbaikan sambil menunggu bantuan.

“Saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama dan bergotongroyong dalam mengatasi dampak bencana bencana ini,” imbuhnya.

Sementara pemancar radio LPPL Swara Kendal yang roboh mengenai kabel listrik, sehingga dalam rangka perbaikan listrik pun dipadamkan yang menyebabkan beberapa wilayah harus mati lampu.

Pemancar setinggi 60 meter itu tumbang mengenai bagian depan studio radio, dan karena kondisinya dipastikan pemancar tidak bisa digunakan.

Sekretaris Diskominfo Kendal, Dwi Cahyo Suryo mengaku mendapatkan laporan kalau pemancar radio Swara Kendal roboh. Kemudian dirimya langsung menuju lokasi dan meminta agar dilakukan upaya perbaikan dan memastikan tidak ada hal yang membahayakan dari kejadian tersebut.

“Pemancar dipastikan tidak bisa digunakan, namun saya akan memastikan jika tanpa pemancar apakah masih bisa mengudara, karena ada streaming yang juga tetap bisa digunakan,” ungkap Cahyo.

Sementara itu akibat dari hujan angin tersebut, beberapa pohon di Pantura Kendal tepatnya di depan Kantor Samsat Kendal ada pohon tumbang yang menghalangi jalan.

Pohon tumbang juga terjadi di kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kendal, yang menimpa satu unit mobil Damkar.(HS)