Antisipasi Kemacetan Arus Mudik 2022, Dishub dan Polres Kendal Mulai Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

BATANGPOS.COM, KENDAL – Kepadatan arus mudik Lebaran 2022 sudah mulai terlihat sejak Kamis (28/4/2022). Untuk mengatasi kemacetan, jalur tol maupun jalur Pantura Kendal dari Batang atau menuju Semarang, dilakukan beberapa pengaturan dan rekayasa lalu lintas.

Dirlantas Polri akan memberlakukan one way jalan tol mulai dari Jakarta hingga Pintu Tol Kalikangkung Semarang. Sehingga Dinas Perhubungan dan Polres Kendal memberlakukan rekayasa lalu lintas di Jalur Pantura, supaya tidak terjadi kemacetan.

Dari pantauan BATANGPOS.COM,semarang.id, hingga saat ini, arus mudik yang melalui jalur Pantura Kendal belum nampak ramai. Namun, baik Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal maupun Polres Kendal sudah memberlakukan rekayasa lalu lintas, dengan menutup sejumlah pertigaan maupun putusan jalan yang dianggap rawan kemacetan juga kecelakaan.

Seperti yang dilakukan di pertigaan Purin Kendal, yang dari arah selatan dibelokkan ke arah barat, kemudian dibelokkan di depan Kantor Disporapar Kendal.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Giri Kusuma, melalui Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Muhammad Sofyan menjelaskan, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas akibat kebijakan one way, pihaknya mengantipasi dengan memprioritaskan kelancaran kendaraan dari arah Jakarta yang akan melewati pantura.

Ada tiga titik yang dilakukan penutupan, yakni pertigaan Purin, putusan jalan depan pasar Sidorejo Brangsong, dan Cepiring.

“Sehingga di tiga titik rawan kemacetan maupun kecelakaan tersebut ditutup dengan barikade. Supaya tidak ada aktivitas penyebrangan untuk memperlancar arus lalu lintas,” terangnya, Kamis sore (28/4/2022).

Diharapkan dengan rekayasa lalu lintas ini, tidak terjadi kemacetan di jalur Pantura Kendal. Sementara untuk lampu traffic light di beberapa titik, terpantau hanya diaktifkan lampu kedip kuning, tanda hati-hati.(HS)