Antisipasi Kemacetan saat Pemberangkatan Calon Jamaah Haji, Mulai Malam Ini Akses Alun-Alun Kendal Ditutup

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal akan membatasi dan menutup sementara jalan di sekitar Alun-alun Kota Kendal. Penutupan dilakukan mulai Rabu malam (8/6/2022) ini sekira pukul 21.00 WIB.

Langkah ini diambil, untuk mengantisipasi kemacetan saat pemberangkatan rombongan calon jamaah haji dari Kabupaten Kendal, Kamis pagi dan sore (9/6).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Muhammad Eko mengatakan, penutupan hanya berlangsung Rabu (8/6) malam ini hingga Kamis sore (9/6).

Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi rombongan haji dan para pengantar yang akan keluar masuk di Pendopo Kabupaten Kendal.

“Ya rombongan calon jamaah haji nanti malam sudah datang ke Pendopo Kabupaten Kendal. Sehingga kami bersama pihak Polres Kendal membatasi area alun-alun dan besok pagi kita tutup. Terutama untuk akses menuju Pendopo Kabupaten mulai nanti malam sampai besok sore,” terang Eko, Rabu sore (8/6/2022).

Dijelaskan, sedangkan untuk para ASN di lingkungan Pemkab Kendal, akan diberikan akses dari pintu belakang gedung Korpri (Abdi Praja) dan di samping wisma tamu Pemkab.

“Jadi tujuan kita menutup akses menuju ke komplek pemkab saja, supaya bisa membatasi. Untuk jalan utama tidak. Karena kalau tidak dibatasi, para pengantar haji bisa membludak,” jelas Eko.

Ditambahkan, antisipasi lain dalam membatasi kendaraan, pihaknya akan mengecek kendaraan jamaah haji dan yang menjadi pengantarnya.

“Dari Kemenag kan memberikan tanda semacam hologram bagi calon jamaah haji dan pengantarmya. Jika tidak ada tanda tersebut, tidak kami perkenankan masuk. Maksimal pengantar hanya dua orang,” paparnya.

Sementara untuk area parkir kendaraan calon jamaah haji dan para pengantar, Dinas Perhubungan akan menyediakan di area GOR Bahurekso dan sepanjang Jalan Gajahmada Karangsari. (HS-06)