Arus Mudik H-2, Tol Semarang-Batang Ramai Lancar

BATANGPOS.COM, KENDAL – Memasuki dua hari jelang lebaran 2022, arus mudik di jalur tol Semarang-Batang tepantau ramai tapi lancar. Sementara di jalur Pantura Kendal terlihat sepi.

Arus kendaraan pemudik pada H-2 yang didominasi mobil pribadi dari arah Jakarta dan Jawa Barat menuju Jawa tengah terus mengalir.

Meski terjadi kepadatan arus kendaraan, namun arus yang melintasi jalan tol Batang – Semarang terpantau ramai lancar.

Dengan pengawalan ketat polisi, arus kendaraan pemudik dari arah barat, Jakarta dan Jawa Barat, melintasi jalan tol Batang – Semarang, Sabtu siang (30/4/2022).

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Ilham Safrianto mengatakan, meski puncak arus mudik yang terjadi Jumat malam (29/4/2022) kemarin, namun polisi kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas one way di jalan tol Batang – Semarang, khususnya di jalan tol Kendal.

“Arus kendaraan dari arah barat dengan tujuan daerah-daerah di Jawa Tengah, nampak terus melintas,” terangnya, Sabtu (30/4/2022).

Tak hanya kendaraan berplat nomor ganjil, kendaraan berplat nomor genap juga terlihat melintasi tol Kendal-Semarang.

Terpantau juga, Rest Area 389 B di jalur Tol tol Kendal – Semarang, juga masih dipenuhi pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

AKP Ilham Safrianto menjelaskan, ada tiga jalan tol di Kendal yang diberlakukan one way. Yakni tol di  Weleri, Kendal dan Kaliwungu.

“Saat dilakukan one way, gerbang tol jadi keluar semua. Sehingga jalur pantura juga ramai namun lancar seperti hari biasa,” jelasnya.

Ditegaskan, Kepolisian masih terus memberlakukan sistem one way di jalan tol trans jawa, dalam batas waktu tertentu hingga arus mudik berakhir.

“Polisi juga akan menutup pintu exit tol Kendal, Kaliwungu dan Weleri, yang mengarah ke Jakarta, saat one way diberlakukan,” tandasnya.

Pengemudi rombongan pemudik dari Bogor menuju Grobogan, Jarot (42) mengaku, dengan adanya pemberlakuan one way ini, dirinya bersama keluarga merasa nyaman.

“Ya meski kadang mengantre, tapi kami masih lancar dan kemacetan parah tidak terjadi. Semoga arus balik nanti lalu lintas juga lancar,” ungkapnya. (HS-06)