Atasi Rob, Kementerian PUPR Rencanakan Bangun Tanggul Laut di Demak

 

BATANGPOS.COM, DEMAK – Kementerian PUPR berencana membuat tanggul laut, sepanjang lebih kurang 15 kilometer, menghubungkan empat kecamatan terdampak rob, meliputi Sayung, Karangtengah, Bonang, dan Wedung.

Demikian disampaikan Bupati Demak, Eisti’anah setelah menerima kunjungan kerja Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, di lokasi rob Desa Timbulsloko Kecamatan Sayung.

“Tadi kami usulkan untuk membuat tanggul laut. Kami punya Jalan Kabupaten yang akan dihidupkan lagi dan nantinya akan menjadi tanggul laut, sekaligus melindungi daerah-daerah di dalamnya,” kata Eisti’anah, seperti dirilis demakkab.go.id.

Bupati menyatakan akan menyampaikan data daerah-daerah yang terdampak, ke Pemerintah Pusat.

“Kita berusaha untuk menyajikan daerah mana saja yang terdampak, semoga terealisasi. Tadi sudah dihitung-hitung tetapi secara rincinya belum, namun dari hitungan kasar yang dilakukan, akan memakan anggaran sebesar Rp 150 miliar. Semoga pada tahun 2023 bisa terealisasi,” kata dia.

Eisti’anah juga mengatakan, selama ini dalam penanganan rob, Pemkab Demak telah menganggarkan peninggian jalan. Namun hanya dalam satu atau dua tahun, jalan tersebut kembali terendam.

“Jadi memang terkendalanya di kita, jalan sering di bangun atau dilakukan peninggian jalan, tetapi selisih 1 atau 2 tahun sudah tenggelam,” terangnya.

Sementara,  Direktur Pengairan dan Irigasi Kementerian PUPR, Abdul Malik mengatakan akan membantu mulai dari pembuatan desain. Nantinya trase jalan Kabupaten Demak akan dimanfaatkan menjadi tanggul. Dirinya berharap, periode desainnya bisa usai pada 2023.

“Tentu karena skala permasalahan sudah menahun, kita harus berhati-hati dalam mendesainya, dan melakukan sesuatu yang cost effective. Mudah-mudahan dengan dukungan kerja sama, dari Pemkab Demak, Pemprov Jateng, Kementerian PUPR bersama Bappenas juga akan kita tangani aksinya di sini,” kata dia.

Lebih lanjut Abdul Malik mengatakan, dampak dari rob di Demak, juga masuk dalam fokus perhatian nasional, karena ini bagian dari Pengendalian Terpadu Pantai Utara Jawa.

Terpisah Kepada Dinputaru Akhmad Sugiyarto menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah peduli dengan banjir rob di wilayah Demak.

“Kunjungan Tim Pusat ke Demak kemarin membawa angin segar, setidaknya permasalahan rob di Demak sudah menjadi salah satu prioritas penanganan dari Pemerintah Pusat,” kata Sugiyarto (HS-08)