Bahas Pelaksanaan Liga Santri Piala Kasad 2022, Askab PSSI Audensi dengan Dandim 0715/Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Askab PSSI Kabupaten Kendal, mendapat rekomendasi dari Asprov Jawa Tengah dalam koordinasi awal pelaksanaan Liga Santri Piala Kasad 2022.

Untuk pelaksaannya, perwakilan Askab Kendal, berkesempatan audensi dengan Komandan Kodim 0715/Kendal, Letnan Kolonel Inf Misael Marthen Jenry Polii, di Makodim 0715/Kendal, Senin (23/5/2022).

Dalam audensi Dandim mengatakan, kegiatan Liga Santri ini, merupakan program dari TNI AD dengan tujuan untuk menggali potensi para santri yang ada di Pondok Pesantren dalam pembinaan cabang olahraga sepak bola.

“Selain itu, tujuannya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, semangat juang dan sportifitas yang tinggi kepada para santri,” ujar Jenry.

Dikatakan, sepak bola Liga Santri Piala Kasad 2022 rencananya akan dihelat tanggal 20 – 30 Juni 2022.

“Proses pendaftaran akan dibuka sampai dengan tanggal 11 Juni, untuk regulasi dalam turnamen nantinya Kodim akan berkoordinasi dengan Kemenag dan Askab Kendal,” jelas Dandim.

Jenry menegaskan, tim yang menjadi juara pada Liga Santri tingkat Kodim 0715/Kendal akan mewakili Kabupaten Kendal guna melakoni pertandingan selanjutnya di tingkat provinsi, bahkan hingga ke tingkat nasional.

“Nantinya yang menjadi juara di tingkat kabupaten/kota akan bertanding di level provinsi, kemudian jika menjadi juara lagi akan bertanding di tingkat pusat atau nasional,” tandas Dandim.

Sementara itu perwakilan dari Askab Kendal, dr Muhammad Wibowo menjelaskan tentang regulasi Liga Santri, peserta dari ponpes harus terlegitimasi Kemenag dan mempunyai tim sepak bola resmi.

“Umur maksimal 18 tahun dan para pemain harus benar-benar dari pondok pesantren setempat,” jelasnya.

Bowo mengatakan, sudah ada enam ponpes yang mendaftar turnamen Sepak Bola Liga Santri Piala Kasad 2022 ini. “Di antaranya Ponpes Al-Fadlu, Al-Ulya, Manbaul Hikmah, Salafiyah, Darul Amanah dan Modern Selamat,” bebernya.

Ditambahkan, event ini menjadi agenda resmi PSSI pusat, karena Ketum PSSI yakni Mochamad Iriawan telah secara resmi menjalin kerja sama dengan pihak TNI, dalam hal ini Kasad Jendral Dudung Abdurachman untuk menggelar Liga Santri tahun 2022.

“Oleh sebab itu, kami wajib mematok target tinggi agar dapat mengharumkan nama daerah di kancah persepak bolaan nasional,” pungkas Bowo.(HS)