Banjir Rob di Bandengan dan Karangsari Kendal Semakin Parah

BATANGPOS.COM, KENDAL – Banjir rob kembali melanda wilayah Kabupaten Kendal, khususnya di wilayah Kelurahan Bandengan dan Karangsari, Kecamatan Kendal, Senin (23/5/2022).

Banjir rob di Kelurahan Bandengan mulai naik dan menggenangi Jalan Masjid, pada pukul 14.00 WIB di sekitar Masjid Al Quba Kelurahan Bandengan.

Ketua RT 4 RW 1, Kamdi mengatakan, banjir yang terjadi selama ini diakibatkan luapan Sungai Kendal, karena hujan lebat yang terjadi beberapa hari ini.

“Tapi hari ini sungainya tidak meluap. Jadi banjir ini dari rob atau pasangnya air laut,” terangnya kepada BATANGPOS.COM,semarang.id, Senin sore (23/5/2022).

Menurutnya, banjir rob kali ini cukup parah. Karena biasanya di wilayahnya tidak terkena dampak rob.

“Banjir rob kali ini lumayan parah, terjadi sekitar pukul 14.00. Tingginya sekitar 15 – 25 centimeter di sebelah selatan masjid. Kalau yang di utara kemungkinan lebih parah,” ungkap Kamdi.

Sementara itu menurut penuturan warga Bandengan, Dayat, banjir rob kali ini tidak seperti biasanya, karena dampaknya lebih luas.

Dikatakan, banjir rob tidak hanya menggenangi Jalan Masjid Kelurahan Bandengan, tapi juga masuk di permukiman warga.

“Biasanya banjir rob tidak sampai ke sini, tapi ini parah. Airnya tinggi sekali, antara 10 – 20 centimeter. Ini bukan karena air hujan, kalau air hujan biasanya berwarna cokelat, tapi ini airnya bening. Jadi ini banjir rob,” ujar Dayat.

Warga Bandengan lainnya, Haifanny berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kendal untuk bisa menanggulangi dampak banjir rob ini, supaya tidak semakin parah.

“Ya semoga banjir rob ini bisa ditanggulangi oleh Pemerintah Kabupaten Kendal. Karena akibat dari banjir ini, akses warga jadi terganggu,” ungkapnya.

Akibat banjir yang menggenangi jalan Masjid Kelurahan Bandengan, terpantau beberapa kendaraan yang melintas mengalami mogok karena mesin terendam air. Beberapa pengendara terlihat harus menuntun kendaraannya, karena mesin mati setelah terjebak banjir.(HS)