Banjir Rob Kembali Genangi Wilayah Pesisir Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Banjir rob besar kembali menggenangi wilayah pesisir Kabupaten Kendal. Salah satunya yang dampaknya cukup besar, yaitu di Jalan Masjid Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal. Air rob mulai menggenangi jalan pada Rabu (22/6/2022) mulai pukul 15.00 WIB.

Dari pantauan, ketinggian air rob atau air pasang laut berkisar 15 – 20 centimeter mulai dari wilayah RT 4 dan RT 5 di wilayah RW 1, Kelurahan Bandengan.

Menurut warga RT 4 RW 1 Kelurahan Bandengan, Khoiron, banjir rob datang sekitar pukul 15.00 WIB. “Rob seperti ini baru terjadi beberapa pekan belakangan ini. Kalau hari ini robnya besar sekali,” ungkapnya.

Sementara itu, warga lainnya, Handayani mengatakan, banjir rob sekarang datang mulai siang secara tiba-tiba dan menggenangi Jalan Masjid.

Menurutnya, banjir rob beberapa hari belakangan ini, diduga karena meningginya air laut yang diperparah adanya pembangunan pengecoran jalan di lokasi. “Ya karena ada pengecoran jalan di wilayah RT 8 sampai ke utara, sehingga banjir rob berpindah ke wilayah kami,” ujarnya.

Ia dan warga di sepanjang Jalan Masjid Bandengan berharap, pembangunan jalan segera terselesaikan. Sehingga rob tidak terus menerus menggenangi jalan. “Ya kalau bisa secepatnya rampung pengecoran Jalan Masjid ini. Supaya air tidak menggenangi jalan,” ungkap Handayani.

Sementara Lurah Bandengan, Sutarjo mengatakan, pengecoran Jalan Masjid dimulai pada Bulan Juli 2022. “Kalau Jalan Masjid dari pertigaan SD Bandengan 2 sampai ke perbatasan dengan Kelurahan Ngilir pengecoran Insya-Allah dimulai bulan Juli 2022,” jelasnya.

Pengecoran jalan Masjid Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal, merupakan salah satu program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).(HS)