Banyak Jabatan Perangkat Desa Kosong, Pemkab Batang segera Persiapkan Perekrutan

 

BATANGPOS.COM, BATANG – Banyak kepala desa di Kabupaten Batang, mengeluhkan kekosongan jabatan perangkat desa di wilayahnya. Akibat kekosongan tersebut, kinerja para kepala desa menjadi kurang optimal.

Persoalan tersebut disampaikan Ketua Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Batang, Sang Pamomong, A Rozikin ketika melakukan audiensi dengan Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, di Ruang Abirawa Bupati, Kabupaten Batang, Selasa (28/6/2022).

“Mereka meminta agar Pemkab Batang segera melakukan perekrutan perangkat desa, supaya program-program dan pelayanan di desa bisa maksimal dijalankan,” kata Rozikin, seperti dirilis batangkab.go.id.

Dia juga menyatakan mendukung Perbup Nomor 9 Tahun 2016, yang mengamanatkan bahwa pendidikan minimal setiap perangkat desa adalah SMA atau sederajat. Hal ini untuk menjamin mutu sumber daya manusia (SDM) mereka.

“Kebijakan baru itu pun memberikan kesempatan kepada para perangkat desa, untuk melanjutkan pendidikan, bagi yang belum memiliki ijazah SMA atau sederajat hingga 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyampaikan,  pengisian perangkat desa, sebenarnya akan dilakukan oleh Dispermades Batang pada awal 2022 lalu. Tetapi karena ada peningkatan tren Covid-19, akhirnya diundur.

Adapun saat ini, Dispermades Batang sedang berkoordinasi dengan pihak penyedia jasa teknologi informasi, terkait dengan seleksi perangkat desa.

“Melihat dari data Dispermades Batang sudah masuk 88 orang yang nanti akan diseleksi menjadi perangkat desa tinggal menyesuaikan tekhnisnya,” terangnya.

Setelah pertemuan tersebut, Pemkab Batang akan segera melaksanakan seleksi perangkat desa. Karena itu dia meminta agar para kepala desa bisa menjaga situasi dan kondisi di wilayahnya agar tetap kondusif.

Kepala Dispermades Kabupaten Batang, Rusmanto menambahkan, dalam rangka perekrutan perangkat desa, Pemkab Batang akan berkirim surat kepada 88 orang yang telah melakukan pendaftaran.

Dalam pelaksanaannya, para peserta seleksi nantinya akan dikumpulkan di kecamatan. Dengan cara itu seleksi perangkat desa dapat dilakukan secara lebih efektif.

“Semoga ke depan langkah-langkah yang kurang dari kita segera selesai agar secepatnya bisa melakukan perekrutan perangkat desa yang terpenting kepala desa bisa menyosialisasikan masyarakatnya agar kondusif,” ujar dia. (HS-08)