Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini, 278 Calon Jemaah Haji Asal Temanggung Ikuti Manasik

 

BATANGPOS.COM, TEMANGGUNG – Kementarian Agama, tahun ini akan memberangkatkan 278 calon jemaah haji dan dua petugas haji ke Tanah Suci.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H Ahmad Muhdzir, mengatakan mereka terbagi dalam kloter 39 yang berangkat bersama calon jemaah haji dari Kabupaten Wonosobo, pada tanggal 29 Juni 2022.

Adapun sisanya akan bergabung dengan calon jemaah haji Kabupaten Blora, dalam kloter 40, yang rencananya akan berangkat 30 Juni 2022.

“Sehingga keseluruhan jemaah 280, yang terbagi persis menjadi 2, 140 jemaah masuk kloter 39 dan 140 jemaah masuk kloter 40,” kata dia, seperti dirilis temanggungkab.go.id.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Temanggung, dilaksanakan Minggu (29/5/2022) sampai Senin (30/5/2022), di Graha Bhumi Phala.

Kegiatan tersebut untuk menambah wawasan dan pengetahuan seluruh calon jemaah haji, tentang pelaksanaan ibadah haji Tahun 2022.

Selain itu bertujuan agar tersampainya informasi mengenai kebijakan-kebijakan baru, terkait penyelenggaraan haji Tahun 2022 dan meningkatnya kebersamaan dan kerja sama antara petugas haji, pembimbing haji dan petugas kesehatan haji dalam penyelenggaraan haji Tahun 2022.

Adapun manasik haji tingkat kecamatan terbagi menjadi lima kelompok yang nanti akan dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 31 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

“Alhamdulillah kita sudah mengadakan pembinaan atau bimbingan ketua regu dan ketua rombongan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (28/5/2022) di kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang diikuti oleh seluruh ketua regu dan ketua rombongan,” imbuhnya.

Ia berharap dengan adanya pembinaan manasik haji, baik tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan yang nanti akan terlaksana selama 6 hari bisa menjadikan jemaah haji menjadi jemaah haji yang mandiri, sehingga pada saatnya nanti bisa melaksanakan secara mandiri pelaksanaan ibadah haji dan umrah yang dilaksanakan selama kurang lebih 42 hari nanti dan sepulangnya bisa membawa haji yang mabrur.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Temanggung, Gotri Wijiyanto, mewakili Bupati Temanggung, mengungkapkan rasa syukur dengan adanya pemberangkatan haji tahun ini, meskipun dengan kuota terbatas.

Ia berpesan kepada para calon jemaah haji, untuk selalu menjaga kesehatan masing-masing, sehingga pada saatnya berangkat semuanya dalam kondisi sehat.

“Dengan pemberangkatan haji ini kami mendoakan bapak, ibu semuanya dapat berangkat dengan sehat, dapat menjalankan rukun haji dengan sempurna dan kembali semuanya dalam keadaan sehat dengan predikat haji yang mabrur,” imbuhnya.

lebih lanjut, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan haji Kabupaten Temanggung.

“Terkait dengan manasik, silakan nanti diikuti tata cara manasiknya agar bimbingannya tuntas, dan ketika menjalankan ibadah haji tidak ada masalah. Kepada pendamping haji kami berpesan mohon agar didampingi calon haji Kabupaten Temanggung ini dalam rangka menjalankan rukunnya ataupun kesehatannya, sehingga semuanya bisa terkoordinasi dengan baik,” imbuhnya.

“Pemerintah Kabupaten Temanggung senantiasa berusaha sebaik mungkin dalam rangka melayani pemberangkatan ibadah haji tanpa ada masalah, semoga tahun depan sudah bisa normal kembali, sehingga yang masih mengantri bisa segera diberangkatkan,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Polres Temanggung, Kodim 0706/Temanggung, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Wakil Direktur RSUD Kabupaten Temanggung, Kabag Kesra Setda Kabupaten Temanggung, ketua KBIHU se-Kabupaten Temanggung, Ketua IPHI Kabupaten Temanggung, Kepala KUA se-Kabupaten Temanggung, serta para petugas kloter dan petugas daerah haji Tahun 2022. (HS-08)