Beri Motivasi dan Semangat Kebangsaan, Wabup Karanganyar Ajak Pemuda Merawat Indonesia

 

BATANGPOS.COM, KARANGANYAR – Pancasila bukan sekadar teori dari lima sila, melainkan nilai-nilainya harus diamalkan oleh bangsa Indonesia, dalam bentuk sikap dan perilaku.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto ketika menyampaikan arahan, motivasi, dan pemahaman akan nilai-nilai kebangsaan, pada generasi muda di aula Dusun Gadongan, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, batu-baru ini.

Dalam kegiatan yang dikemas secara santai dalam arisan rutin itu, Rober menekankan bahwa Indonesia merupakan bangsa besar. Bangsa ini terdiri atas banyak suku, beragam agama, ras, dan golongan, yang disatukan oleh semangat  Bhinneka Tunggal Ika.

Bangsa dan negara besar inilah, yang harus dirawat bersama-sama, oleh semua komponen bangsa, agar tetap lestari.

“Pemahaman nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan harus menjadi spirit di dada para pemuda di Kabupaten Karanganyar,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan dalam menghayati nilai-nilai Pancasila, tak cukup dengan memahami teori tentang lima sila, tetapi juga menerapkan makna di dalamnya, dalam bentuk sikap dan perilaku yang seharusnya dimiliki setiap warga negara.

Salah satunya adalah memayu hayuning bawana, yang berarti watak dan perbuatan yang senantiasa mewujudkan dunia selamat, sejahtera, dan bahagia.

“Salah bentuk kongkretnya bagaimana nguri-nguri dan menghidupan desa Girimulyo, yang notebene menjadi daerah wisata andalan saat ini. Menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan yang datang, adalah upaya agar wisatawan betah dan berlama-lama di Desa Girimulyo ini,” tambahnya.

Sementara Kepala Desa Girimulyo, Ponco Adi Prasetyo mengeapresiasi kegiatan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila. Pemuda memang harus terus dingatkan agar nilai-nilai luhur Pancasila terpatri di dalam hati. (HS-08)