Berikan Pandangan Umum Pelaksanaan APBD 2021, Fraksi di DPRD Kendal Soroti Silpa Sebesar Rp 415 Miliar

BATANGPOS.COM, KENDAL – DPRD Kabupaten Kendal menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2021, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kendal, Rabu (8/6/2022).

Acara dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Muhammad Makmun didampingi para wakil Ketua di antaranya, Akhmat Suyuti, Ainurohim dan Mabrur, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, serta dihadiri para Anggota DPRD Kendal dan OPD di lingkungan Pemkab Kendal.

Akhmat Suyuti selaku pimpinan rapat menyampaikan, rapat paripurna ini merupakan tindak lanjut dari rapat paripurna pada tanggal 27 Mei 2022 kemarin.

“Selanjutnya hari ini acara penyampaian pandangan umum Fraksi-Fraksi Terhadap Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2021,” kata Suyuti.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan pandangan umum terkait pelaksanaan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2021 oleh Fraksi-fraksi kepada pimpinan rapat.

Sementara itu, usai acara, Bupati Kendal Dico M Ganinduto kepada awak media mengatakan, apa yang menjadi pandangan para fraksi menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi di Pemerintahan Kabupaten Kendal.

“Mudah-mudahan ini juga menjadi suatu sinergitas antara eksekutif dengan legislatif, bagaimana bisa memberikan masukan dan saran terhadap Pemerintah Kabupaten Kendal. Karena tentunya kita juga sadar bahwa kita memiliki banyak kekurangan,” ungkapnya.

“Tentunya sinergitas antara Pemkab dengan DPRD ini yang diharapkan untuk bisa memberikan kritik, masukan dan saran kepada kami agar kedepan bisa lebih baik lagi,” imbuh Dico.

Sementara saat ditanya terkait tingginya Silpa (sisa lebih perhitungan anggaran) tahun 2021 yang mencapai Rp 415 miliar, Bupati mengaku sudah berkali-kali menjelaskan, tingginya Silpa kemarin dikarenakan Covid-19, adanya refocussing anggaran.

“Sehingga banyak kegiatan yang tidak berjalan dengan maksimal dan banyak juga yang dipersiapkan untuk penanganan Covid-19, dan itu menjadi Silpa,” jelas Dico.

Kemudian lanjut Bupati, penanganan oleh rumah sakit khususnya RSUD yang menangani Covid, dan dibiayai oleh Pemerintah Pusat. Sehingga penerimaan anggaran tersebut di akhir tahun tidak bisa diganggu.

“Ya kalau tahun ini sudah kita rencanakan semua. Kita harapkan memang anggaran bisa terserap dengan maksimal. Harapannya mudah-mudahan tidak ada kendala lagi di tahun ini juga kerjasama program yang sudah disiapkan semuanya bisa berjalan dengan maksimal,” imbuh Dico. (HS-06)