Bikin Paket Parsel, Warga Kendal Diminta Untuk Belanja Produk Lokal UMKM

BATANGPOS.COM, KENDAL – Idul Fitri 1443 H merupakan sebuah salah satu momen yang paling dinanti-nantikan oleh umat muslim. Pasalnya setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh selama Ramadan, pada awal Syawal dirayakan dengan momen suci Lebaran.

Lebaran selalu menjadi momen yang dinanti di Indonesia, hal ini karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

Momen Lebaran juga kerap diramaikan dengan tradisi mudik atau pulang kampung, halal bihalal, dan pesta kemenangan dengan menyajikan makanan khas Lebaran.

Selain mudik, momen lain yang selalu diidentikan dengan Lebaran adalah tradisi mengirim atau membagikan parsel kepada saudara, kerabat, sahabat atau teman juga relasi kerja.

Beberapa produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal di Kabupaten Kendal pun ikut dipromosikan sebagai salah satu produk dalam paket parsel.

Untuk itulah Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menginstruksikan kepada kalangan ASN agar menyajikan produk UMKM di meja tamu sebagai jamuan Lebaran.

Selain itu, parsel Lebaran yang beredar di Kendal juha diharapkan diisi dengan produk UMKM lokal.

Siti Akhidah, salah seorang pelaku UMKM dari Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal menyambut baik dan memberikan apresiasi adanya instruksi tersebut.

Pasalnya dengan adanya pembelian bahan parsel, akan mengangkat produk UMKM lokal, supaya menjadi dikenal masyarakat luas.

“Banyak teman-teman UMKM yang kemarin dibeli produknya untuk paket parsel dari PKK Kendal,” ujarnya, Selasa (3/5/2022).

Beberapa produk UMKM lokal yang dijadikan isi parsel Lebaran, di antaranya kerupuk rambak kulit sapi atau kerbau dan sirup jahe.

“Yang menjadi pilihan ada dua produk UMKM Lokal Kabupaten Kendal, yakni kerupuk rambak Citra Jaya dan Sirup Jahe Emprit 33 serta produk UMKM lain,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kendal, Ferinando Rad Bonay mengaku, pihaknya telah merekomendasikan sekitar 50 produk UMKM untuk parsel Lebaran.

Produk tersebut, selain memiliki kemasan yang bagus, juga telah memiliki PIRT dan sertifikasi halal.

“Tim Penggerak PKK itu ada bikin paket parsel Lebaran dan kami sudah rekomendasikan produk bagus sekitar 50-an,” katanya.

“Kami koordinasi dengan Tim Penggerak PKK, yang bikin beberapa paket parsel Lebaran dari UMKM lokal. Kami berikan rekomendasi daftar produk UMKM yang bagus,” jelasnya.(HS)