Bupati Berangkatkan Ratusan Santri Lirboyo Asal Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto melepas keberangkatan 350 santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Kendal, Kamis (12/5/2022).

Acara pelepasan dan pemberangkatan dilaksanakan di halaman Stadion Utama Kabupaten Kendal, dengan dihadiri orang tua dan wali para santri.

Ketua Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) Kabupaten Kendal KH Mustamsikin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah memfasilitasi keberangkatan para santri untuk menuntut ilmu agama di Ponpes Lirboyo Kediri.

“Ada 395 santriwan dan santriwati yang diberangkatkan ke Ponpes Lirboyo. Hari ini ada 350 santri yang diberangkatkan dengan tujuh bus, kemudian besok ada satu bus dengan 45 santri,” ujarnya.

Dirinya mengingatkan, para santri mempunyai kewajiban untuk fokus dalam menimba ilmu di pesantren. Namun, ada satu hal yang harus tetap diingat dan tidak boleh dilupakan, yakni pesan dan dukungan orangtua, dengan tetap menjalin komunikasi kepada orangtua.

“Pesan kami, semua santriwan dan santriwati ini bisa belajar sungguh-sungguh, dan menjadi santri yang bisa membawa kebanggaan orang tua, dan dapat membawa Kabupaten Kendal yang sejahtera, yang damai, yang agamis dan beribadat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengatakan, sebagai generasi penerus, para santri harus bisa membawa perubahan di daerahnya menuju ke arah yang lebih baik.

“Adik-adik santriwan dan santriwati Ponpes Lirboyo Kediri, kami minta untuk belajar dan menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh, dan bisa membawa nama harum Kabupaten Kendal,” harap Bupati

Dico menambahkan, fasilitasi yang dilakukan Pemkab Kendal merupakan dukungan kepada para santri, dengan harapan setelah selesai belajar, para santri dapat kembali ke daerah asalnya dan dapat berkontribusi menyejahterakan masyarakat Kendal.

“Kendal butuh SDM yang terbaik yang tangguh dan handal, untuk bisa berkontribusi demi kemajuan Kabupaten Kendal. Selain itu, pesan saya berangkat jadi santri, pulang jadi kiai dan berangkat nyantri, pulang bisa jadi Bupati. InsyaAllah semoga apa yang kita lakukan bisa membawa berkah dan manfaat,” kata Bupati.

Pemberangkatan 395 santri hari ini dan besok Jumat (13/5/2022) dengan delapan unit bus pariwisata merupakan fasilitas yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Baznas. (HS-06)