Bupati Blora Dukung Transformasi Digital LPPL Radio Gagak Rimang

 

BATANGPOS.COM, BLORA – Pamkab Blora mendukung upaya Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang, untuk terus berkembang sebagai media informasi dan media silaturahmi.

Pengembangan itu antara lain dengan dimulainya bertransformasi menjadi radio digital, hingga menawarkan konsep wisata radio.

Hal tersebut disampaikan Bupati Blora H Arief Rohman, setelah meletakkan batu pertama renovasi Gedung LPPL Gagak Rimang, Jumat (24/6/2022). Pada kesempatan itu, Bupati secara resmi melakukan pengecoran tiang bangunan gedung LPPL Radio Gagak Rimang Blora, menandai dilangsungkan pembangunan gedung setempat.

Lebih lanjut Bupati Blora mengatakan, jika LPPL Gagak Rimang menjadi radio digital, maka dapat memberikan informasi dan hiburan secara lebih baik, pada masyarakat Blora.

Jangkauan siarannya pun akan semakin luas. Warga Kabupaten Blora yang berada di perantauan pun dapat ikut menikmati siaran.

“Kalau nanti sudah digital nanti bisa dinikmati Diaspora kita yang ada di luar negeri juga bagaimana bisa menikmati, mereka kan kadang kangen dengan Blora entah itu barongan, tayubnya,” kata Bupati, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Selain radio digital, Bupati juga menyatakan mendukung pembangunan gedung LPPL Gagak Rimang, serta rencana radio tersebut mengangkat keberadaan objek wisata di Tirtonadi.

“Saya pada prinsipnya akan mendukung upaya renovasi terhadap LPPL Gagak Rimang ini, Ini salah satu legenda, dulu namanya RSPD, kita tentunya kita harus dukung,” kata Bupati Blora.

Dia mengungkapkan harapan, agar radio milik pemerintah daerah ini dapat semakin eksis dan menjadi media komunikasi untuk memperkenalkan Blora.

“Kami berharap apa yang menjadi khazanah kekayaan kita ini bisa ditampilkan. Termasuk adanya konsep wisata siaran radio, di mana nanti akan dipadukan dengan berbagai kesenian hingga wisata yang ada di Tirtonadi,” kata dia.

Dalam wisata radio tersebut, LPPL Gagak Rimang membuat program untuk memadukan radio dan keberadaan Kawasan wisata Tirtonadi.

“Tirtonadi ini juga bagaimana dibuat program terpadu antara radio dan tempat ini, termasuk edukasi seperti bagaimana anak-anak sekolah biar tahu radio,” kata Arief Rohman.

Di kawasan wisata ini juga dapat ditampilkan acara-acara kesenian yang disiarkan oleh LPPL Radio Gagak Rimang.

“Boleh juga, dari Tirtonadi sini nanti ditampilkan kesenian,” tambahnya, merespon juga usulan Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Blora, Pratikto Nugroho menjelaskan bahwa ke depannya LPPL Gagak Rimang akan bertransformasi menjadi radio digital.

“Satu hal yang kita harapkan, di tahun 2023 Radio Gagak Rimang sudah kita transformasi ke radio digital, radio kita tidak hanya bisa didengar tapi bisa divisualkan dalam bentuk gambar,” papar Pratikto.

Jelasnya, agar radio yang dimiliki ini betul-betul bisa efektif memberikan informasi dan hiburan kepada masyarkat.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya juga berkeinginan agar adanya radio ini sekaligus mendukung area wisata yang ada di Tirtonadi. Termasuk adanya konsep wisata siaran radio.

“Semoga radio ini menjadi salah satu yg bisa mensupport area wisata yg ada di Tirtonadi dan menjadi destinasi wisata, wisata siaran radio,” jelasnya.

Berkaitan dengan pembangunan gedung, Pratikto menyebutkan bahwa pembangunan gedung tersebut dilakukan secara bertahap, diharapkan pada tahun 2023 dapat selesai secara keseluruhan.

Bupati Blora bersama dengan Kepala Dinkominfo beserta Kabid dan pegawai pada kesempatan tersebut turut meninjau kawasan yang ada Tirtonadi, sekaligus melangsungkan senam bersama. (HS-08).