Bupati Blora Minta Uniba Surakarta Bantu Tangani Desa Miskin di Blora

 

BATANGPOS.COM, BLORA – Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi meminta Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta, ikut membantu menangani desa miskin di Blora. Bentuk peran perguruan tinggi tersebut bisa berupa pendampingan atau kegiatan lain.

Keinginan Bupati Blora itu, dia sampaikan saat penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Blora dan Uniba Surakarta.

Penandatanganan dilakukan Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi dan Rektor Uniba Surakarta, Dr H Amir Junaidi SH MH, di Kampus Uniba Surakarta, baru-baru ini.

Hadir menyaksikan penandatanganan tersebut, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati ST MM, Sekretaris Daerah, Asisten I, II, dan III, serta Kepala OPD terkait.

Dalam kesempatan itu, Bupati Arief menyampaikan persoalan yang dihadapi oleh Blora, antara lain kemiskinan dan stunting.

“Kami tidak bisa sendirian untuk mengatasi hal tersebut. Pemkab Blora perlu menggandeng stakeholder dalam hal ini Uniba,” kata Bupati, seperti dirilis blorakab.go.id.

Dia memberi contoh, saat ini di Blora terdapat desa-desa yang angka kemiskinannya masih tinggi. Kehadiran perguruan tinggi, termasuk Uniba, diharapkan dapat ikut membantu menangani kemiskinan.

“Ini di Blora ada desa dengan kategori miskin, nanti mungkin dari Uniba ada semacam pendampingan, agar nanti kemiskinan ini bisa dientaskan,” kata Bupati

Sementara itu, Rektor Uniba, Dr H Amir Junaidi menyambut baik kerja sama dengan Pemkab Blora. Dia mengatakan kerja sama serupa juga telah dilakukan Uniba, dengan beberapa pemerintah daerah lainnya.

Amir Junaidi menegaskan bahwa Uniba siap bersinergi dengan Pemkab Blora, sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Mudah mudahan dengan kerawuhan (kedatangan) Pemkab Blora, bisa terlaksana kerja sama dengan baik, kerja sama yang kami harapkan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bersama sinergi dengan Kabupaten Blora, Insyaallah kami juga akan sowan ke Kabupaten Blora,” paparnya. (HS-08).