Bupati Boyolali Pimpin Ziarah ke Makam Ki Ageng Pandanaran

 

BATANGPOS.COM, KLATEN – Bupati Boyolali, M Said Hidayat meminta generasi muda untuk meneladani Ki Ageng Pandanaran, dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Ki Ageng Pandanaran pula yang memberi nama wilayah, kini disebut Boyolali.

Hal itu diungkapkan Bupati Boyolali, M Said Hidayat, ketika bersama Forkompimda Boyolali, berziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran, di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (2/6/2022).

Ziarah dilakukan dalam rangka memperingati HUT Ke-175 Kabupaten Boyolali, yang jatuh setiap 5 Juni ini.

Rangkaian peringatan HUT, dilanjutkan dengan khataman Al-Qur’an dan niti tilas, Sabtu (4/6/2022) besok di Kali Gede Kabupaten Boyolali. Adapun untuk puncak peringatan, akan digelar Upacara pada Minggu (5/6/2022), di Alun-alun Kidul Kabupaten Boyolali.

Dalam ziarah tersebut, Bupati Boyolali, M Said Hidayat menyampaikan kegiatan ziarah makam tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun, sebagai salah satu bentuk penghormatan, kepada Ki Ageng Pandanaran.

Hal itu karena keberadaan Kabupaten Boyolali, tidak lepas dari peran Ki Ageng Pandanaran.

“Kabupaten Boyolali ini tidak lepas dari peran Ki Ageng Pandanaran. Beliau yang memberikan nama Boyolali, yang sampai hari ini menjadi Kabupaten Boyolali. Tentunya ini adalah bagian dari sejarah yang tidak boleh dilupakan,” kata Bupati Said, seperti dirilis boyolali.go.id.

Ki Ageng Pandanaran juga seorang pemimpin yang dapat memberi contoh dan pemahaman kepada generasi penerus, untuk menjaga persatuan dalam membangun Kabupaten Boyolali.

“Menjelang usia Ke-175 tahun ini, semangat kegotongroyongan adalah menjadi bagian yang penting. Untuk itu semangat membangun Kabupaten Boyolali yang terus menerus kita sampaikan adalah Boyolali Metal. Untuk terus Melangkah Bersama, Menata Bersama, Penuh Totalitas,” kata Bupati Said.

Juru Kunci Makam Ki Ageng Pandanaran, Suripto mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali berziarah ke makam tersebut tiap tahun.

“Tiap tahun ziarah ke sini,” katanya singkat.(HS-08)