Bupati Cilacap Tekankan Pentingnya Pendidikan Politik pada Masyarakat

BATANGPOS.COM – Peran masyarakat dalam mengawasi semua tahapan pemilihan umum (Pemilu), dibutuhkan agar gelaran pesta demokrasi tersebut berkualitas dan tidak muncul masalah atau polemik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, saat menjadi narasumber dalam Webinar Pojok Pengawasan dengan tema mengoptimalkan kesadaran masyarakat dalam pengawasan pemilu partisipatif, yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cilacap di Aula Bawaslu, Jumat (25/3).

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, bahwa masih banyak anggota masyarakat yang tidak tahu atau tidak mau tahu, terhadap aturan dalam pelaksanaan Pemilu, dengan menghalalkan segala cara untuk menang.

“Ternyata masih banyak masyarakat yang tidak tahu terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan, di sinilah peran Bawaslu untuk menyosialisasikan batasan-batasan atau rambu-rambu dalam pelaksanaan Pemilu, sehingga masyarakat makin sadar dan makin tahu terhadap pelaksanaan pemilu,” kata Bupati, seperti dirilis Cilacapkab.go.id.

Bupati menambahkah, dari pengalaman pelaksanaan Pemilu yang sudah dilaksanakan, masyarakat yang menemukan pelanggaran, juga masih bingung harus lapor ke mana.

“Bawaslu harus berperan terhadap pelaksanaan pemilu dengan turun ke Kecamatan-kecamatan atau desa, untuk menampung laporan dari masyarakat, sehingga ada reapon cepat dalam menindaklanjuti laporan pelanggaran pelaksanaan pemilu,” tambah Bupati.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama dengan Anggota Bawaslu Kabupaten Cilacap (dari kanan ke kiri) Warsid, Umi Fadilah, Bachtiar Hastiarto, Erina Hastuti,dan Miftah Nuryanto

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama dengan Anggota Bawaslu Kabupaten Cilacap (dari kanan ke kiri) Warsid, Umi Fadilah, Bachtiar Hastiarto, Erina Hastuti dan Miftah Nuryanto

Lebih penting lagi, sosialisasi harus dilakukan lebih dini terutama kepada pemilih pemula atau calon pemilih pemula dalam hal ini adalah pelajar. Kesadaran masyarakat dalam politik harus terus ditingkatkan, sehingga masyarakat paham mengenai manfaat dari pengawasan untuk mengurangi kecurangan-kecurangan atau kesalahan yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu.

Acara Webinar dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Cilacap Bachtiar Hastiarto dengan menghadirkan narasumber Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Titi Anggraini Anggota Dewan Pembina Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi) dengan Keynote Speaker (pembicara utama) Mochammad Afifudin (Anggota Bawaslu RI) dan dimoderatori Umi Fadilah (Anggota Bawaslu Cilacap).

Webinar diikuti oleh 359 orang yang terdiri dari anggota Bawaslu di 35 Kabupaten/kota, organisasi kemasyarakatan, lembaga pendidikan dan OPD dilingkungan Pemkab Cilacap melalui zoom meeting.