Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Haul Akbar Wali Joko di Masjid Agung Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto bersama Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, menghadiri acara Haul Akbar Wali Joko, Wali Abu Sujak dan Wali Hadi, di Masjid Agung Kendal, Senin (9/5/2022).

Setelah sempat vakum dua tahun semenjak adanya Covid-19, kegiatan haul yang digelar oleh panitia takmir Masjid Agung Kendal, dihadiri oleh ribuan tamu undangan dari berbagai desa yang tersebar di 20 kecamatan.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengatakan, dirinya menyambut baik tradisi Syawalan yang digelar di beberapa wilayah di Kabupaten Kendal.

Ia pun menyampaikan kebahagiaannya karena bisa bersilaturahmi dengan para alim ulama dalam suasana yang agamis penuh dengan nuansa kekeluargaan dan kebersamaan dalam rangka memperingati haul akbar ini.

“Saya bersama pak Wakil Bupati selaku pemerintah menyambut baik kegiatan ini karena merupakan tradisi yang perlu dilestarikan, sebagai penghargaan kepada para tokoh agama dan para alim ulama yang telah meninggal dunia,” ujar Dico.

Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki, saat menghadiri Haul Haul Akbar Wali Joko, di Masjid Agung Kendal, Senin (9/5/2022).

Dirinya juga mengaku baru pertama kali mengikuti Syawalan di Makam Wali Joko yang ada di Masjid Agung Kendal. Karena selama dua tahun tradisi Syawalan di Masjid Agung tidak diselenggarakan secara besar-besaran.

“Kalau Syawalan saya sudah pernah sebelumnya, tapi kalau di Makam Mbah Wali Joko ini baru pertama kali karena selama dua tahun ini kan pandemi Covid-19, sehingga tidak bisa diselenggarakan secara besar-besaran,” ungkapnya.

Dico mengajak masyarakat khususnya Kendal, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai motivasi bersama untuk memperkuat ukuwah islamiah, memperkuat kesatuan dan persatuan dalam mewujudkan tata kehidupan masyarakat yang lebih aman, damai, dan semakin sejahtera.

“Patut kita syukuri karena Kabupaten Kendal, merupakan masyarakat yang agamis, memiliki banyak kiai dan tentunya kita sebagai masyarakat Kendal sangat beruntung, dan semoga ini menjadi motivasi kita agar ke depan bisa lebih baik lagi,” harap Bupati.

Dico mengajak masyarakat Kendal untuk bergandeng tangan, selalu guyub dan rukun, dengan harapan hubungan antara masyarakat Kendal dan para alim ulama bisa bersatu padu, dalam membangun Kabupaten Kendal.

“Mari kita jadikan tradisi ini sebagai motivasi kita bersama untuk memperkuat ukhuwah islamiyah serta memperkuat persatuan dan kesatuan. Tentunya kita sangat beruntung. Kita memiliki pelindung-pelindung para kiai,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Kendal, KH Asro’i Thohir mengatakan, kegiatan ini merupakan haul pertama setelah adanya Covid-19 sekitar dua tahun lamanya.

“Kita menyelenggarakan haul ini dalam masa transisional, sosialisasi pemberitahuan juga sebisanya saja. Alhamdulillah antusias masyarakat cukup tinggi. Ini cermin kerinduan terhadap ziarah kepada para wali dan tokoh-tokoh agama. Saya juga mengapresiasi juga kepada Bapak Bupati yang berkenan hadir,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Asro’i Thohir yang juga ketua MUI Kabupaten Kendal ini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat dan kepada bupati yang di sela-sela kesibukannya masih berkenan menyempatkan diri bertemu dan menegur sapa dengan masyarakatnya.

Masyarakat mengikuti kegiatan Haul Haul Akbar Wali Joko, Wali Abu Sujak dan Wali Hadi, di Masjid Agung Kendal, Senin (9/5/2022).

Selain itu, Asro’i Thohir juga menyampaikan, masyarakat punya tiga potensi, yang dikembangkan secara serentak yakni, intelektualitas, teknologi, dan spiritualitas.

“Pak bupati saya ajak ziarah ke makam Wali Jokjo, beliau tadi juga berkenan. Ini sangat penting bagi kita, karena kita tidak cukup cerdas intelektual saja terampil dalam teknologi, tapi ketika moralitas, spiritualitas, nuraninya kosong, nanti justru bisa berbahaya,” paparnya.

Sementara itu salah seorang peziarah asal Banyuurip Kecamatan Pegandon, Siti Romyatun (63) mengungkapkan kegembiraannya karena bisa berziarah ke makam wali Joko di Masjid Agung Kendal pada lebaran tahun ini. Dirinya mengaku tahun lalu sempat datang berziaran namun dibatasi karena pandemi Covid-19.

“Tahun lalu dibatasi jadi gak boleh. Alhamdulillah sekarang sudah digelar lagi. Saya tadi sudah berziarah juga ke makam mbah wali Joko. Semoga selalu diberi keberkahan,” ungkapnya.(Advetorial-HS)