Bupati Jepara Izinkan Masyarakat Gelar Takbir Keliling Jalan Kaki

 

BATANGPOS.COM, JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi, mengizinkan masyarakat menggelar takbir keliling pada malam Idulfitri. Namun demikian ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan kegiatan pada malam Lebaran itu.

Hal ini disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi, baru-baru ini di Jepara. Dian Kristiandi menegaskan, para peserta takbir keliling tidak boleh menggunakan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Mereka hanya diizinkan melakukan takbir keliling dengan berjalan kaki.

“Jika ada yang ingin melakukan takbir keliling yang melibatkan masyarakat, maka lingkupnya hanya di masing-masing desa, tidak boleh menyeberang ke desa lain,” kata Andi, seperti dirilis Jepara.go.id.

Pelaksanaan takbir keliling, juga tetap harus mengedepankan protokol kesehatan, dengan berpedoman pada Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2022 dan Inmendagri Nomor 22 Tahun 2022.

Bupati meminta para pihak melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar semuanya mematuhi. Jika pun nanti di lapangan didapati takbir keliling yang menggunakan kendaraan, maka aparat keamanan jangan sampai memberikan toleransi.

“Terkait dengan penataan lalu lintas, kita juga sudah didukung oleh para pihak terkait,” kata Andi.

Lebih lanjut dia mengatakan, di sepanjang jalur mudik akan didirikan enam posko angkutan Lebaran (Posyan SCJ, Pos Pam Mayong, Welahan, dan Kelet, Posko Terpadu Pelabuhan Penyeberangan Jepara, dan Pos Pantau Terminal Jepara). Serta untuk membantu keamanan arus mudik, layanan kesehatan juga disiagakan d posko lebaran di sepanjang jalur mudik yang telah ditentukan.

“Saya menginstruksikan kepada para camat dan kepala perangkat daerah sebagai koordinator pemetaan kerawanan gangguan keamanan dan bencana di tingkat kecamatan untuk siap 24 jam on call,” katanya. (HS-08)