Bupati Kebumen Buka Lagi Car Free Day setelah 3 Tahun Ditiadakan karena Pandemi

 

BATANGPOS.COM, KEBUMEN – Bupati Arif Sugiyanto, membuka kembali car free day di kawasan Alun-alun Kebumen atau di sepanjang jalan Merdeka. Kebijakan ini diambil lantaran kasus Covid-19 di Kebumen sudah melandai atau zero Covid-19.

“Dengan pertimbangan kasus Covid-19 sudah zero, maka kegiatan car free day di Alun-alun Kebumen, akan dibuka lagi mulai minggu depan, atau 17 Juli mendatang,” ujar Bupati, di Pendopo Kabumian, Sabtu (9/7/2022).

Car free day, menurutnya sudah lama diselenggarakan di alun-alun Kebumen. Namun selama tiga tahun terakhir ini, pemerintah meniadakan sementara, karena adanya Covid-19 yang terus mengalami peningkatan kasus.

“Sekarang sudah waktunya untuk dibuka kembali,” kata Bupati, seperti dirilis kebumenkab.go.id.

Menurut Bupati, car free day perlu dibuka kembali, agar roda perekonomian masyarakat bergerak dan terus meningkat. Pemulihan ekonomi pascapendemi, kata Bupati, menjadi fokus pemerintah untuk terus digencarkan dengan membuat program-program kerakyatan.

“Pascapandemi ini, perekonomian masyarakat harus cepat dipulihkan. Masyarakat harus diberikan ruang yang lebih untuk melakukan aktivitas, sehingga roda perekonomian kembali berputar, bila perlu harus diperbanyak event atau kegiatan kemasyarakatan,” terang Bupati.

Dengan car free day, Bupati menginginkan alun-alun menjadi ramai. Bahkan ia merencanakan wilayah car free day bakal diperluas sampai jalan Soekarno Hatta. Dengan begitu, diharapkan bisa memberikan dampak peningkatan ekonomi terhadap masyarakat luas.

“Rencananya akan kita perluas sampai jalan Soekarno Hatta, agar perekonomian di sana juga bisa semakin tumbuh pesat di sana. Masyarakat bisa berjualan makanan, jajanan dan produk UMKM lainnya,” ucap Bupati.

Untuk bisa lebih meramaikan masyarakat, car free day kata Bupati, juga perlu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menarik. Misalnya dengan dengan adanya pertunjukan seni dan budaya, atau bisa diadakan lomba dengan melibatkan orang banyak seperti senam, lari, bersepeda atau lomba memasak.

Car free day berlangsung pada hari Minggu dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB. Selain untuk menggerakan ekonomi, car free day juga bisa menggerakan masyarakat untuk memiliki kebiasaan hidup sehat dengan olahraga, dan menciptakan udara bersih dengan tidak adanya asap motor. (HS-08)