Bupati Rembang Minta Kampung Pancasila di Banyurowo Jadi Percontohan

 

BATANGPOS.COM, REMBANG – Bupati Rembang H Abdul Hafidz mengajak semua kampung di Rembang untuk mencontoh Kampung Pancasila di Dukuh Banyurowo, Desa Sulang, Kecamatan Sulang.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang H Abdul Hafidz, dalam peresmian Dukuh Banyurowo sebagai Kampung Pancasila, Selasa (24/5/2022).

Bupati menilai, kampung tersebut pantas disebut sebagai kampung Pancasila, antara lain karena warganya menjaga toleransi beragama, hidup rukun, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Di wilayah ini juga terdapat sejumlah tempat ibadah, seperti masjid dan gereja yang lokasinya berdekatan. Hal itu semakin mempertegas betapa kuatnya jalinan kerukunan antarumat beragama.

“Ayo bersama bersatu padu membangun kerja sama, mendukung pembangunan di Kabupaten Rembang yang didasari dengan Pancasila,” kata dia, seperti dirilis rembangkab.go.id.

Lebih lanjut Bupati berharap adanya kampung Pancasila, dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, mencegah radikalisme, dan menggelorakan gotong-royong agar tidak dirongrong negara lain.

“Semoga di masing-masing desa di Kecamatan Sulang dapat mencontoh pembentukan Kampung Pancasila di Dukuh Banyurowo, Desa Sulang ini.”

Sementara itu Dandim 0720 Rembang, Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, menuturkan Pancasila sebagai ideologi bangsa, harus terus diamalkan dalam kehidupan sehari- hari masyarakat.

Kampung Pancasila menjadi salah satu cara untuk menjaga dan memelihara Pancasila yaitu melestarikan nilai yang terkandung dan bersama menciptakan kerukunan.

“Pancasila sesuai dengan arahan Bapak Kasad untuk jajaran angkatan darat, Bapak Jenderal Dudung menyampaikan, segera mensosialisasikan lebih luas lagi khususnya dengan pembentukan kampung-Kampung Pancasila ini,” tuturnya.

Pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Rembang H.Abdul Hafidz. Sebelum Banyurowo Desa Sulang, Desa Sumberjo Kecamatan Rembang juga telah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila pada 31 Maret 2022 lalu. (HS-08)