Bupati Temanggung Ajak Masyarakat Bumikan Pancasila

 

BATANGPOS.COM, TEMANGGUNG – Bupati HM Al Khadziq mengajak masyarakat Kabupaten Temanggung, untuk ikut bersama-sama membumikan Pancasila, dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu agar nilai-nilai Pancasila menjadi energi bagi masyarakat, untuk membangun Kabupaten Temanggung.

Bupati mengungkapkan hal tersebut, setelah mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara daring, dari Pendopo Jenar. Adapun upacara dipimpin Presiden Joko Widodo, dari Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

“Pada peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2022 ini, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung, mari kita membumikan ajaran Bung Karno yang terangkum dalam Pancasila, sebagai dasar negara Republik Indonesia, ideologi bangsa. Mari kita membumikannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bupati di Pendopo Jenar, Rabu (1/6/2022), seperti dirilis Temanggungkab.go.id.

Melalui cara itu, kata Bupati, nilai-nilai Pancasila akan menjadi energi masyarakat untuk maju, membangun Kabupaten Temanggung, membangun kebudayaan, kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan membangun peradaban masyarakat Kabupaten Temanggung.

“Masyarakat Kabupaten Temanggung adalah masyarakat yang berdasarkan ke Tuhanan Yang Maha Esa, berperikemanusiaan, masyarakat yang bersatu dan mempersatukan Republik Indonesia, selalu bersaudara, bermusyawarah, serta masyarakat yang mencita-citakan keadilan bagi seluruh warga Kabupaten Temanggung,” terangnya.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya mengemukakan, dipilihnya Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai tempat peringatan, lantaran di Ende lah Bung Karno selama masa pengasingan pada masa penjajahan kolonial Belada di tahun 1934, merenungkan dan merumuskan butir-butir Pancasila. Kemudian dari sini pula termahsyur cerita ‘Ketika Bung di Ende’. Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini adalah ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia’. (HS-08)