Calhaj Asal Batang Dipastikan Bebas dari Covid-19

 

BATANGPOS.COM, BATANG – Para calon haji (calhaj) Kabupaten Batang, sudah dipastikan bebas dari Covid-19, sebelum berangkat ke Asrama Haji Donohudan. Namun demikian mereka tetap diminta menjaga kesehatan dan mencegah agar tidak tertular Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Batang, Didiet Wisnuhardanto, dalam pelepasan 145 calhaj asal Batang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 33.

Mereka berangkat dari Pendopo Kabupaten Batang, Sabtu (25/6/2022) menuju Asrama Haji Donohudan Solo. Selain mereka, 243 calhaj dari kloter 34, juga berangkat pada Minggu (26/6/2022) dini hari tadi.

“Jaga ketahanan fisik dan protokol kesehatan. Semua Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sudah disiagakan untuk membantu memberikan pengobatan bagi Calhaj apabila mengalami keluhan kesehatan,” kata Didiet Wisnuhardanto.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, mengatakan para calhaj asal Batang tersebut, sebelumnya telah mendapatkan vaksin lengkap. Namun demikian, dia mengingatkan agar mereka selalu menjaga kesehatan.

“Dalam menjalankan ibadah haji, modal utama adalah fisik harus sehat, sehingga bisa mengikuti rangkaian ibadah haji dengan sempurna, mulai dari rukun, wajib hingga sunah haji,” kata dia, Sabtu (25/6/2022).

Ia juga meminta, seluruh calhaj ikut mendoakan, agar seluruh masyarakat Batang dikaruniai kesehatan, semakin meningkat kesejahteraannya, serta dijauhkan dari segala wabah dan musibah.

“Sebenarnya yang penting niat dari awal itu ibadah lillahi ta’ala, ini semua karena panggilan dari Allah untuk beribadah. Insyaallah dimudahkan dalam segala urusan kita. Kalaupun ada kendala kecil, itu wajar tetapi tidak masalah,” jelasnya.

Salah satu Calhaj Linasihati (65), mengungkapkan kebahagiaannya karena setelah dua tahun tertunda, akhirnya berkesempatan beribadah ke dua kota suci, yakni Makkah dan Madinah.

“Senang sekali saya bisa ke Tanah Suci. Persiapannya ya setiap pagi rutin berolahraga lari keliling lapangan dan senam,” ujar dia.

Ia juga berdoa ketika sampai ke Tanah Suci agar diberikan kesehatan, supaya bisa beribadah serta bisa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah.

“Di sana yang penting perasaan kita senang, serahkan semuanya kepada Allah karena niatnya ibadah,” kata dia. (HS-08)