Cara Unik Bupati Kebumen, Buka Komunikasi dengan Warganya Lewat Kuis dan Lomba

 

BATANGPOS.COM, KEBUMEN – Beragam cara dilakukan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, untuk berkomunikasi dengan warganya. Tak hanya dengan turun langsung ke lapangan, Arif juga membuat kuis melalui media sosial Facebook pribadinya.

Seperti yang dilakukannya 21 Mei 2022 lalu, ketika dia mengunggah video, yang menggambarkan keindahan salah satu pantai di Kebumen. Dalam postingan itu, dia warga menebak nama pantai, dalam video yang diunggah tersebut.

Bagi siapapun yang berhasil menjawab dengan benar, Bupati mengundang mereka untuk makan bersama di pendopo kabupaten dan menerima hadiah.

“Kuis terbaru kemarin, kami minta warga menjawab nama wisata eksotis di Kebumen, yang saya posting lewat video di laman Facebook Arif Sugiyanto. Ada yang menjawab Pantai Menganti, Lampon, Surmanis, dan lain-lain. Padahal yang benar jawabannya Watu Bale. Ini juga banyak yang jawab, ada 58. Terus kami undang ke Pendopo untuk sarapan pagi,” kata Bupati, seperti dirilis kebumenkab.go.id.

Bupati mengatakan sengaja kerap membuat kuis dan lomba, agar lebih dekat dengan masyarakat, melalui cara-cara non struktural.

Lewat kuis, komunikasi dengan warga lebih cair. Warga juga tidak sungkan untuk  berkomunikasi dengan Bupati, karena dibuat serilek mungkin.

“Jadi tujuannya memang agar kita tidak ada jarak, biar tidak kaku, Bupati ini bukan sosok yang menakutkan, semua orang bisa dengan mudah berkomunikasi dengan saya, tidak harus ribet, pakai prosedur macam-macam. Pendopo juga sama, ini rumah kita bersama, bukan milik Bupati, warga bisa kapan saja main ke Pendopo, dan bisa menggunakannya untuk kegiatan yang bermanfaat,” terangnya.

Selain itu, menurut Bupati, kuis yang dia buat, sekaligus untuk mempromosikan Kebumen.

Misalnya tentang pertanyaan kapan Goa Jatijajar ditemukan, siapa penemunya, dan apa cerita legendanya? Kemudian ada juga pertanyaan yang dianggap lucu, yakni berapa jumlah Pohon Asam Besar di Pendopo? Bagi yang tidak tahu warga dipersilakan main ke Pendopo.

Beberapa kali, Bupati juga mengadakan lomba, termasuk yang terakhir lomba pembuatan video pendek, tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat di Bulan Ramadhan dengan hadiah sepeda. Para pemenang kuis juga selalu diberikan hadiah atau bingkisan menarik dari Bupati.

“Kuis-kuis itu memang sengaja kita buat dengan pertanyaan yang gampang dijawab, atau kadang dianggap nyleneh, seperti jumlah pohon asam. Tapi intinya sebenarnya kita ingin lebih mengenalkan Kebumen, dan mengajak mereka untuk lebih mencintai segala kearifan lokal yang ada di Kebumen,” ujar Bupati sambil menegaskan kuis akan terus berlanjut.

Deddy Wibowo salah satu warga asal Karangsari, Kebumen yang diundang Bupati ke Pendopo untuk sarapan pagi bersama, mengaku bahagia. Dia bersyukur bisa mendapat kesempatan mengunjungi rumah dinas dan bertemu langsung dengan Bupati.

“Selama hidup di Kebumen, baru pertama kali ke Pendopo Rumah Dinas, baru pertama kali juga ketemu Pak Bupati. Alhamdulillah bisa ketemu, gara-gara iseng jawab kuis, terus diminta ke sini bisa foto bareng Bupati,” tuturnya.

Sebagai penjahit baju, Deddy tidak punya permintaan khusus untuk Bupati. Ia hanya berharap di bawah kepemimpinannya, Kebumen bisa semakin lebih maju, ekonominya membaik.

“Begini saja kita sudah senang, harapannya Kebumen bisa semakin lebih baik, lebih maju, aman nggak ada keributan,” tandasnya. (HS-08)