Cegah Penularan PMK, Bupati Semarang dan Kapolres Beri Bantuan Disinfektan

 

BATANGPOS.COM, SEMARANG – Bupati Semarang, Ngesti Nugraha bersama Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika, menyerahkan bantuan berupa cairan disinfektan, kepada masyarakat Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Sabtu (4/6/2022).

Penyerahan bantuan dilakukan untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Semarang.

“Kami menyerahkan disinfektan kepada masyarakat, untuk disemprotkan di kandang sapi, untuk mencegah dan mengantisipasi masuknya penyakit mulut dan kuku pada hewan,” kata bupati, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Ngesti Nugraha menjelaskan penyakit PMK ini, telah melanda daerah-daerah di Indonesia, menyebabkan hewan-hewan mati dan banyak peternak sapi merugi.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika, mengatakan telah memerintahkan jajaran polsek di Kabupaten Semarang, untuk mendata dan mengecek pemilik sapi, kambing, dan kerbau.

“Saya sudah perintahkan jajaran di polsek-polsek untuk melakukan edukasi kepada masyarakat yang memiliki sapi, kerbau, dan kambing di wilayahnya,” kata Kapolres.

Dia juga meminta para bhabinkamtibmas, agar bersama babinsa dan pemerintah desa dan kelurahan, membantu masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan, terhadap hewan sapi, kambing, atau kerbau yang dimiliki warga. (HS-08)