Cegah PMK Meluas, Delapan Sapi di Limbangan Disuntik Vitamin dan Antibiotik

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dalam rangka mencegah meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, petugas kesehatan hewan, menyuntikkan vitamin dan antibiotik untuk ternak sapi di Dusun Wonokerto Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Limbangan, Minggu (29/5/2022).

Penyuntikan vitamin dan antibiotik oleh petugas kesehatan hewan, dibantu oleh Babinsa Polsek Limbangan.

Petugas kesehatan hewan, Fathan Dwi Putra mengatakan, setelah dilakukan penyuntikan vitamin dan antibiotik ini, pihaknya berharap, supaya pemilik ternak terus mengawasi perkembangan hewan ternaknya. Selain itu, dirinya juga mengimbau, supaya menjaga kebersihan kandang, dan selalu memperhatikan kondisi kesehatan sapi.

“Segera melaporkan apabila mendapati sapi dengan gejala sakit di mulut dengan mengeluarkan busa dan tidak mau makan,” terangnya.

Dalam kegiatan pemantauan dan monitoring terhadap sapi milik peternak Sriyanto di Desa Sumber Rahayu Limbangan dengan mengambil sample tersebut di temukan gejala yang mengarah pada penyakit PMK.

“Kami suntikkan vitamin dan antibiotik kepada delapan sapi milik pak Sriyanto berjumlah delapan ekor, yang mengalami gejala awal PMK,” imbuhnya.

Sementara itu, Sriyanto peternak sapi di Dusun Wonokerto, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Limbangan mengatakan, bahwa dirinya tidak mengetahui jika sapinya ada gejala penyakit PMK.

“Saya tidak mengetahui jika sapi-sapi saya teridentifikasi penyakit tersebut. Semoga dengan adanya penyuntikan vitamin ini sapi saya bisa sembuh dari penyakit PMK,” ungkapnya.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Pandu Rapriat Ragajati mengatakan, di Kabupaten Kendal sesuai data sampai Minggu (29/5/2022) terdapat 65 hewan ternak yang terpapar. Tediri dari 56 ekor sapi dan sembilan ekor kerbau.

“Rinciannya untuk sapi di Boja ada 32 ekor, di Kangkung ada satu ekor, di Limbangan ada sembilan ekor sapi, di Sukorejo ada dua ekor dan di Patean ada 12 ekor. Sedangkan untuk sembilan kerbau ditemukan di Kecamatan Singorojo,” paparnya.

Pandu menambahkan, selain PMK, beberapa ternak juga terdampak banjir rob yang terjadi belakangan ini. Untuk itu pihaknya mengambil langkah untuk memberikan multivitamin kepada para peternak.

“Data hewan ternak yang terdampak rob yakni, Sapi sebanyak 23 ekor, kambing 56 ekor dan cempe (anak kambing) ada 7 ekor. Itu terdampat di 18 peternak yang ada di Kabupaten Kendal. Alhamdulillah kondisi ternak sehat, kami memberikan multivitamin,” pungkasnya.(HS)