Cek Situasi Mudik di Rest Area, Ganjar: Alhamdulillah Wajahnya Mrenges, Kita Bahagia

BATANGPOS.COM, SEMARANG – Sehari menjelang Lebaran 2022 suasana mudik masih terasa di sejumlah rest area ruas tol Semarang-Solo. Seperti saat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo datang mengecek situasi di Rest Area 429, Kabupaten Semarang, Minggu (1/5/2022).

Berangkat dari rumah jabatannya pukul 14.00, ketika memasuki area rest area 429 mobil yang ditumpangi Ganjar terjebak antrean. Ganjar kemudian turun dari mobilnya dan berjalan menuju pos pemantauan yang berada di sisi kiri jalur masuk rest area.

Dari laporan petugas polisi bernama Supri, kondisi padat saat masuk rest area terjadi hampir setiap hari. Musababnya adalah antrean pengisian bahan bakar minyak.

“Ini setiap hari pak, kalau di tolnya terpantau lancar terus. Kalau padat di sini karena antre bensin yang panjang di jenis Pertalite,” ujar Supri.

Ganjar yang didampingi Kapolsek di wilayah Polres Ungaran, Kompol Gunawan kemudian mengecek satu persatu stan yang ada di rest area. Keberadaan Ganjar praktis menyita perhatian para pemudik. Mereka menyapa dan mengajak Ganjar berswafoto.

“Mudik dari mana ini pak? Wah oleh-olehnya banyak. Perjalanan tadi lancar ya,” kata Ganjar pada pemudik yang menyapanya dari mobil.

“Dari Jakarta pak, mau ke Malang. Lancar perjalanan. Macet waktu keluar dari cikampek aja,” ujar pemudik.

Senada juga disampaikan pemudik asal Lampung dan Bangka Belitung. Perjalanan mudiknya tidak sampai terjebak macet. Terutama saat masuk di wilayah Pantura Jawa Tengah.

Selain menyapa para pemudik dan meladeni ajakan selfie, Ganjar juga berinteraksi dengan petugas pengisian BBM. Hingga kini fenomena yang terjadi adalah peralihan pengguna ke BBM jenis Pertalite.

“Ramai terus ini ya, stok aman tapi kan. Dicek terus kalau mau habis langsung kontak pertamina ya. Tapi bagus karena masih banyak yang tetap Pertamax,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, kondisi pada H-1 Lebaran situasi di ruas tol Semarang-Solo terpantau ramai lancar. Ganjar yang terus memantau lewat gawainya, mengaku tidak mendapat laporan kemacetan yang berarti.

“Tadi yang mencatat macet masih di pintu tol keluar Cikampek terus kemudian dari Kopo. Tapi Alhamdulillah begitu masuk ke wilayah area Jabar Pantura sampai Jawa Tengah mereka menyampaikan lancar semuanya,” kata Ganjar.

Terkait BBM, Ganjar mengingatkan pengelola pom bensin agar selalu memastikan stoknya. Sebab Ganjar sempat menerima laporan ketiadaan BBM. Tetapi Pertamina sigap mengirim usai dirinya menghubungi.

“Pada saat ini sudah mulai stok menurun segera kontak Pertamina, karena Pertamina sudah siap soal itu dan Alhamdulillah dari rata-rata tadi kita tanya lancar semua, kita lihat wajahnya juga mrenges jadi berbahagia,” tandas Ganjar.(HS)