Curi Barang Di Dalam Mobil Parkir, Warga Semarang Ini Ditangkap Polisi di Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Sat Reskrim Polsek Boja bersama Sat Reskrim Polres Kendal, berhasil mengamankan MM (44), warga Sendang Indah Rt 04/IV Muktiharjo Lor, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

MM ditangkap atas kasus dugaan tindak pidana pencurian dua tas yang berisi surat pribadi, HP Samsung Galaxy A12, uang tunai Rp 80 ribu, Rp 150 ribu, dan uang pembayaran dari konsumen PT Borwita sebesar Rp 5 juta yang ada di dalam mobil terparkir di wilayah Boja.

Pelaku MM ditangkap di rumah kontrakannya, di Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang pada, Kamis (19/5/2022) sekira pukul 14.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Kendal, AKP Daniel A Tambunan dalam konferensi pers menjelaskan, penangkapan pelaku berdasarkan laporan polisi LP/B/08/V/2022/Jateng/RES Kdl, tanggal 17 Mei 2022.

Dijelaskan, pada hari Kamis (24/2/2022) pukul 07.00 WIB, korban Adam Saputra (halper) dan korban Noval Radia (driver), berangkat dari tempat kerjanya PT Borwita Semarang

“Korban menggunakan mobil box Grandmax putih untuk mengantar barang dari perusahaan kepada konsumen wilayah Boja dan sekitarnya,” jelas AKP Daniel kepada awak media, Senin (23/5/2022).

Kemudian, sekira jam 10.00 WIB, kedua korban setelah selesai mengirim barang dari limbangan selanjutnya memarkir mobil di Jalan Raya Boja-Semarang, tepatnya di depan toko Arta Barokah Desa Campurejo Boja.

“Setelah memarkirkan mobil selanjutnya kedua korban menurunkan barang pesanan dan dimasukkan ke dalam toko. Sedangkan barang milik kedua korban dan milik PT Borwita berupa tiga buah tas berisi uang tagihan perusahaan sebesar Rp 5 juta dan nota, serta surat data diri kedua korban ditinggal di mobil, dalam kondisi kedua pintu dikunci namun kaca pintu sedikit terbuka untuk sirkulasi udara,” terangnya.

Sekira lima menit kemudian kedua korban kembali naik ke dalam mobil, dan didapati barang barang yang semula ditaruh di jog kabin mobil bagian depan sudah tidak ada/hilang.

“Selanjutnya kedua korban melaporkan kejadian ke Polsek Boja,” imbuh AKP Daniel.

Kemudian, lanjut Kasat Reskrim Kendal, dari informasi tersebut, tim Unit Reskrim Polsek Boja yang dibantu Sat Reskrim Polres Kendal melakukan penyelidikan. Tim pun mendapati seseorang yang ciri-cirinya sama terduga pelaku, selanjutnya tim melakukan upaya penangkapan.

“Kemudian, pada Kamis (19/5/2022) pukul 14.00 WIB, tim gabungan melakukan penangkapan terhadap tersangka dan tersangka mengakui perbuatannya serta sudah beberapa kali melakukan pencurian di wilayah Boja dengan modus operandi yang sama,” ungkap AKP Daniel.

Dari tangan tersangka disita satu buah dusbook HP merk Galaxy Samsung A12, satu buah jaket parasut warna biru, satu buah helm warna putih, satu buah HP Galaxy Samsung A12 hasil kejahatannya dan satu unit sepeda motor Suzuki Satria warna hitam.

Saat ini tersangka ditahan di Polres Kendal dan dipersangkakan melanggar Pasal 362 KUHP, yaitu perbuatan melawan hukum, mengambil barang yang sama sekali atau sebagian milik orang lain dengan maksud dimiliki dengan melawan hak.

“Kepada pelalu diancam dengan hukuman maksimal lima tahun penjara,” pungkas AKP Daniel. (HS)