Dandim Kendal Perintahkan Jajarannya Monitoring HET Harga Minyak Goreng Curah

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam pengawasan dan pemantauan terhadap harga dan stok minyak goreng curah, Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii memerintahkan jajarannya untuk ikut monitoring Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng di wilayah Kabupaten Kendal, Rabu (1/6/2022).

Dandim mengatakan, kegiatan pengecekan dan ketersediaan minyak goreng curah dilakukan mulai dari produsen, distributor hingga pedagang ataupun pengecer.

”Kita bantu pemerintah daerah dalam pengawasan dan pemantauan terhadap harga dan stok minyak goreng curah dengan tujuan untuk ketersediaan serta tetap menjaga stabilitas harga minyak goreng curah di pasaran dengan harga eceran tertinggi Rp 14 ribu per liter, sesuai petunjuk dari komando atas,” terangnya, Rabu (1/6/2022).

Dalam kegiatan monitoring di Pasar Pegandon, Babinsa Koramil 03/Pegandon Sertu Son Haji melakukan pemantauan serta pengecekan terhadap pedagang minyak curah yang berada di wilayahnya.

”Dari hasil pengecekan yang kami lakukan, untuk stok minyak goreng curah di distributor sampai dengan pedagang harganya bervariatif kisaran Rp 14 ribu sampai dengan Rp 15 ribu per liternya,” ujar Sonhaji.

Sementara di Cepiring, Babinsa 05/Cepiring, Serma Martono melakukan kegiatan monitoring 0Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah di Pasar Kamajaya Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung.

“Dari pengecekan langsung di lapangan harga minyak goreng curah dari agen Pasar Weleri masih terpantau normal yaitu Rp 14 ribu per liter, sedangkan pengecer di Pasar Kamajaya Kangkung menjual dengan harga Rp15 ribu per liter,” jelas Martono.

Kapten Inf Subowo selaku Pjs Perwira Seksi Teritorial Kodim 0715/Kendal menambahkan, kegiatan monitoring ketersediaan dan HET minyak goreng curah di wilayah Kabupaten Kendal khususnya, harganya masih ada yang di atas ketentuan pemerintah yaitu Rp 15 ribu per liter.

“Namun demikian, Kodim dan Pemda Kabupaten Kendal sedang berupaya mencari solusi terbaik agar semua harga minyak goreng curah di Pasar Kendal menjadi Rp 14 ribu per liter, sesuai ketentuan dari Pemerintah Pusat,” jelas Subowo. (HS-06)