Dapat 700 Dosis, Dispertan Kendal Langsung Lakukan Vaksinasi PMK

BATANGPOS.COM, KENDAL – Menjelang hari raya kurban, Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kendal melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melalukan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kecamatan Sukorejo Rabu (29/6/2022).

Kepala Dispertan Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Ragajati mengatakan, pihaknya mendapatkan 700 dosis vaksin penangkal PMK. Dijadwalkan, vaksinasi dimulai pada Rabu (26/6/2022).

Dijelaskan, vaksin tersebut diprioritaskan bagi ternak sehat, yang berada di pusat pembibitan dan sapi perah di wilayah Sukorejo.

“Tahap pertama yang akan kita laksanakan vaksinasi di daerah Kecamatan Sukorejo,” jelas Pandu saat perjalanan menuju Sukorejo, yang dihubungi melalui sambungan ponsel, Rabu (29/6/2022).

Ditambahkan, vaksinasi yang dilakukan ini merupakan tahap vaksin darurat. Untuk berikutnya, vaksinasi massal akan digenjot.

“Alasan pemilihan target vaksinasi sudah melalui kajian. Untuk sapi perah juga menjadi prioritas, karena PMK juga berpengaruh pada produksi susu. Sementara untuk ternak sapi potong, sapi lokal atau peranakan ongole. Selain itu juga untuk ternak kerbau,” beber Pandu.

Ditegaskan, sampai saat ini, pihaknya masih menutup pasar hewan yang ada di Kabupaten Kendal sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan. Karena sifatnya situasional.

“Disarankan, bagi masyarakat yang akan mencari hewan kurban supaya mencari informasi dulu kepada kami, untuk mengetahui wilayah yang aman PMK. Juga supaya tahu sumber hewan kurban itu dari mana,” pungkas Pandu.(HS)