Dari Tanaman Liar Menjadi Karya Seni dan Memiliki Nilai Ekonomi

 

BATANGPOS.COM – Pemanfaatan tanaman liar dan limbah untuk dibuat properti yang bernilai seni dan ekonomi membutuhkan sebuah ketekunan. Tidak itu saja dalam menciptakan karya yang dapat dimanfaatkan namun diperlukan adanya inovasi, kreativitas dan ide.

Itu pula yang dilakoni Ning, produsen aneka kerajinan berbahan eceng gondok dan pelepah pisang, dengan brand Tyas Production. Produknya seperti vas bunga, tas, dan tempat tisu pun laris di pasaran. Bahkan konsumenya tidak hanya lokal Demak, tetapi sudah sampai luar kota.

Hasil seni dari bahan yang dianggap sampah dan tidak berguna oleh masyarakat mampu disulapnya menjadi hiasan ruangan  rumah. Sangat indah dan menarik untuk dilihat, dan pastinya dapat memberikan kesan si pemiliknya memiliki rasa seni.

” Ruang rumah dan tempat makan seperti cafe, terlihat keren dan memiliki kesan seni, jika dihias dengan produk kami. Produk kami aman tidak berbahaya, karena berbahan tumbuhan, bukan dari bahan kimia,” kata Ning, seperti dirilis Demakkab.go.id.

Dia menambahkan untuk harga variatif dan terjangkau dijual mulai harga Rp. 25.000, menyesuaikan besar kecilnya produk. Dirinya juga mengaku untuk pemasaran dilakukan juga melalui media sosial dan event pameran UMKM. Dan bagi yang berminat dapat langsung melihat produksinya di jalan Semboja Kelurahan Bintoro Demak. (HS-08)