Dianggarkan Rp 9 Miliar, Jembatan Kali Bulanan Ditinggikan dan Diperpanjang

BATANGPOS.COM, KENDAL – Pembangunan perbaikan Jembatan Kali Bulanan atau biasa disebut Kali Mati di Kecamatan Weleri dianggarkan Rp 9 miliar melalui dana Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kendal, Sugiono, usai mengikuti rapat Paripurna DPRD Kendal, Kamis (11/8/2022).

Dijelaskan, untuk pengerjaan jembatan, yang sebelumnya menggunakan gelagar beton, akan diganti dengan rangka baja.

“Akan kita ganti dengan rangka baja produk wagner dengan tiang pancang yang tidak ada di tengah. Dalam arti tidak ada pilar di tengah, adanya di tepi-tepi,” jelas Sugiono.

Untuk tipe jembatan nantinya kelas B dengan lebar tujuh meter. Sehingga mobil besar dengan berat 30 – 70 ton bisa melewati jembatan tersebut.

Sedangkan panjang jembatan 50 meter, lebih panjang dari sebelumnya, yang hanya 40 meter. Selain itu, untuk tinggi jembatan akan ditambah satu meter.

“Kita tinggikan kira-kira satu meter. Sehingga ke depannya ketika ada banjir yang lebih tinggi, InsyaAllah lebih aman,” imbuh Sugiono.

Salah seorang warga Desa Sidomukti Kecamatan Weleri, Kustiani mengaku, hampir setiap hari melewati Jembatan Kali Bulanan.

Dengan dibangunnya jembatan ini nantinya bisa membuat lancar jalur transportasi. Khususnya menuju ke Rumah Sakit Islam (RSI) Kendal.

“Alhamdulillah, kami warga Weleri merasa bersyukur. Semoga pembangunannya lancar, dan bisa membantu jalur transportasi masyarakat,” ungkapnya. (HS-06)