Diklatsar Banser XX Digelar, Lima Kepala Desa di Kendal Jadi Calon Anggota

BATANGPOS.COM, KENDAL – 140 calon anggota anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dilatih dan dididik dalam Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser angkatan XX di lapangan Desa Ngerjo Kecamatan Ringinarum, Kendal, yang dilaksanakan sejak Jumat-Minggu (1-3/7/2022)

Sebagai organisasi kaderisasi GP Ansor, Banser memang sudah biasa melaksanakan Diklatsar secara periodik sebagai peningkatan kapasitas keanggotaan dan kepemimpinan di setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC).

Namun berbeda kali ini, ada lima peserta Diklatsar dari unsur kepala desa di wilayah Kecamatan Ringinarum.

Yakni, Wahyu Ariyanto Kades Pagerdawung, Paminton Harjo Kades Wungurejo, Isnaini Alnas Kades Ngerjo, Nur Khalis Kades Mojo, dan Achmad Supriyanto Kades Kedungasri.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kendal, Misbahul Munir tersebut juga dihadiri Camat Ringinarum, Shobirin Abbas dan jajaran Forkompimcam Ringinarum, serta MWC NU dan Banom NU.

Dalam sambutannya Misbahul Munir mengatakan, tanggung jawab Kader Banser sangatlah berat. Karena sebagai benteng Aqidah Aswaja kader Banser dituntut memiliki Akhlaqul Karimah dan patuh kepada para kiai yang selama ini menjadi panutan nahdlyin.

“Kader Banser adalah pengamal agama Islam ahlussunah waljamaah yang harus dijaga. Selain itu juga memiliki dedikasi, loyalitas organisasi yang kuat agar bisa menjalankan amanat organisasi. Kader Banser harus siap mental, siap fisik dan apa pun dalam menjaga persatuan, kesatuan dan keutuhan NKRI,” tandasnya.

Sementara itu, Isnaini Alnas, kepala Desa Ngerjo yang menjadi peserta Diklatsar XX mengakui, bahwa peran Banser untuk bangsa dan negara sudah terbukti nyata. Yakni sejak merebut kemerdekaan hingga kini. “Maka secara pribadi saya harus ikut menjadi kader Banser untuk bisa memberikan kontribusi kepada agama, bangsa, dan negara,” ungkapnya.

Alnas menambahkan, selama ini Sahabat Banser sudah membuktikan diri dalam menjaga NKRI. “Maka sangatlah bahagia kalau saya menjadi bagian dari Banser itu sendiri dan saya harus mengikuti Diklatsar Banser,” imbuhnya.

Dijelaskan, pelaksanaan Diklatsar XX digelar dari tanggal 1-3 Juli 2022 yang dipusatkan di Desa Ngerjo, Ringinarum di bawah komando kepemimpinan Agus Fadhilah, selaku ketua PAC GP Ansor Ringinarum.

Terpisah, di hari yang sama, juga digelar acara serupa, yaitu Diklatsar Banser di PAC Boja yang diikuti 120 peserta.

Kepala Banser Kabupaten Kendal, Alex Nur Abyadl mengapresiasi antusias kader yang saat ini semangatnya luar biasa dalam melaksanakan kaderisasi kepemimpinan.

“Kita berharap, para kader mendapat ilmu yang bermanfaat dan dapat membentuk kader yang betul-betul menjiwai. Sehingga tidak akan mampu menggoyahkan jiwa Ansor dan Bansernya,” kata Alex.(HS)