Dinkes Kota Pekalongan Siagakan Tenaga Kesehatan di Pos Pengamanan

 

BATANGPOS.COM, PEKALONGAN – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, menyiagakan tim kesehatan mobile, agar siaga pada pos pelayanan terpadu. Kegiatan ini dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto mengatakan dalam operasi pengamanan arus mudik tahun 2022 ini, pihaknya bergabung dengan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, dan Satpol PP.

Tim dari Dinas Kesehatan, masuk dalam pos-pos pelayanan yang sudah disiapkan bersama, di antaranya di Pospam THR, Pospam Exit Tol Setono, Pospam Matahari, dan Pospam Terminal Pekalongan. Di tempat-tempat itu, petugas kesehatan memberikan pelayanan, setiap saat dibutuhkan.

Pelayanan yang diberikan, termasuk memberikan vaksin booster bagi para pemudik. Pihaknya juga memberikan pelayanan tes kesehatan, untuk memastikan para pemudik dalam kondisi sehat.

“Jika butuh vaksin booster sebagai syarat perjalanan mudik, kami siap melayani,” kata Budi, Kamis (28/4/2022), seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Budi juga mengatakan pelayanan vaksinasi kepada para calon pemudik, dipusatkan di Pospam Exit Tol Setono.

Selain menyiagakan personel tenaga kesehatan di pospam, Dinkes Kota Pekalongan juga menyiapkan beberapa puskesmas dan rumah sakit, serta petugas Public Safety Services (PSC) 119, yang siap 24 jam.

Pemerintah Kota Pekalongan, menurutnya juga menyiagakan semua rumah sakit, termasuk rujukan Covid-19, salah satunya di RSUD Bendan.

“Sektor kesehatan ini menjadi salah satu layanan publik dasar ke masyarakat yang sangat urgent, sehingga tidak boleh libur memberikan pelayanan. Kami mengimbau  seluruh fasyankes, bisa membuka pelayanan, meskipun dengan terbatas dan sistem shif (bergantian). Kami juga meminta kepada masyarakat, khususnya pemudik yang belum vaksin, bisa segera vaksin dan selalu mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” kata dia. (HS-08)