Dinkominfo Kota Pekalongan Kembangankan Aplikasi Survei Kepuasan Masyarakat

 

BATANGPOS.COM, PEKALONGAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan, mengembangkan aplikasi survei kepuasan masyarakat (SKM), yang dapat diakses melalui alamat skm.pekalongankota.go.id.

Pranata Komputer Muda pada Bidang Aplikasi dan Persandian Dinkominfo Kota Pekalongan, Rakhmawati mengungkapan, pengembangan aplikasi ini bertujuan mempermudah masyarakat untuk memberikan penilaian, terhadap pelayanan publik Pemkot Pekalongan.

Aplikasi ini juga mempermudah Pemkot Pekalongan, dalam melaksanakan jejak pendapat, terkait layanan masyarakat. Sebelumnya jajak pendapat tersebut sepenuhnya dilaksanakan secara konvensional, dengan mendatangi responsden.

Dengan aplikasi ini, diharapkan Pemkot Pekalongan dapat lebih mudah dalam mengumpulkan dan mengolah data SKM.

“Kami memfasilitasi bagian organisasi Kota Pekalongan, dengan mengembangkan aplikasi untuk survei kepuasan masyarakat. Sebelumnya sudah dilakukan secara manual, melalui kuesioner atau jejak pendapat. Biasanya data manual itu, agak sulit untuk diolah. Kemudian kami berinisatif untuk menggembangkan aplikasi, sehingga dapat memudahkan untuk merekap. Indeksnya langsung ketahuan berapa,” ujarnya Rabu (6/7/2022), seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Rakhmawati juga mengatakan, aplikasi ini pada Rabu (6/7/2022) sampai Kamis (7 /7/2022) masih dalam tahap uji coba dan masyarakat Kota Pekalongan dapat mulai menggunakannya pada Jumat (8/7/2022).

Setelah masuk ke aplikasi itu, pengguna layanan dapat memilih unit pelayanan publik dan layanan yang dimaksud, dilanjutkan dengan mengisi data diri sebagai responden. Pengguna nantinya akan diarahkan untuk memberikan pendapat tentang pelayanan.

Ia berharap dengan adanya aplikasi SKM, masyarakat dapat dengan mudah memberikan masukan, saran, dan tanggapan terkait layanan publik yang disediakan oleh Pemkot Pekalongan.

“Mudah-mudahan pengembangan aplikasi ini dapat digunakan dengan baik lancar sehingga masyarakat merasa hak-haknya dapat terpenuhi dan jika ada masukan atau saran itu menjadi masukan untuk penyedia layanan masyarakat sehingga kedepan menjadi lebih baik,” kata dia. (HS-08)