Diskominfo Pemalang Ajak OPD Bantu Sediakan Data Statistik Sektoral

 

BATANGPOS.COM, PEMALANG – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang selaku wali data, mengajak masing-masing organisasi perangkat daerah sebagai produsen data, untuk membantu menyediakan data statistik sektoral.

Ajakan tersebut disampaikan Kepala Diskominfo Pemalang, Yanuar Nitbani, saat membuka bimbingan teknis (Bintek) pengelolaan data statistik sektoral tahun 2022, di salah satu Hotel di Pemalang, Selasa (28/62022).

Menurut Yanuar, dukungan data statistik sektoral tersebut penting untuk membangun pusat data, yang saat ini masih dalam tahap proses pembuatan portal oleh Diskominfo dan Bappeda Kabupaten Pemalang.

“Kelembagaan pengelola data dapat kita optimalkan sebagai sarana berbagi pakai data, sehingga memudahkan dalam pencermatan data dan informasi, yang akhirnya mendukung penyusunan kebijakan pembangunan agar tepat sasaran,” ujarnya, seperti dirilis pemalangkah.go.id.

Sementara itu Kabid Postel Diskominfo Pemalang, Rina Purwokanti menjelaskan kegiatan ini bertujuan menguatkan pemahaman serta wawasan para pengelola data, dalam menangani data statistik sektoral.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini, menghasilkan komitmen bersama dalam implementasi kegiatan statistik sektoral, dan meningkatkan pemahaman statistik sektoral terkait perkembangan data statistik.

“Juga meningkatkan koordinasi dan komunikasi khususnya statistik sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang,” jelas Rina.

Adapun untuk suksesnya kegiatan yang diikuti 50 peserta dari unsur Badan, Dinas dan Kantor Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang tersebut, pihaknya mendatangkan narasumber dari BPS Pemalang, Mimik Nurjanti SSi MSi, dengan materi Pengelolaan data sektoral.

Selain itu juga dari Diskominfo Provinsi Jateng, Bagus Pradoyo SH MSi, dengan materi mewujudkan perbaikan tata kelola data di Jateng dan materi Penyelenggaraan geospasial di Jateng oleh Drs Kartika Hadi.

Adapun untuk materi Peran Bappeda dalam penyelenggaraan data untuk pembangunan daerah, disampaikan Kepala Bappeda Pemalang, Sujarwo SE MM. (HS-08)