Ditemukan 2021, Pembangunan Makam Wali Slamet Dikebut

BATANGPOS.COM, KENDAL – Bakal dijadikan salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Kendal, pembangunan makam Wali Slamet di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal terus dikebut. Tokoh Wali Slamet merupakan sosok penyebar agama Islam khususnya di wilayah Karangsari, Kecamatan Kendal.

Makam Wali Slamet berhasil ditemukan pada September 2021, tepatnya di belakang TPQ Manbaul Ulum. Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kelurahan Karangsari, Jupriyono mengatakan, sebelumnya, saat ditemukan kondisi makam sangat memprihatinkan.

“Tadinya masih dikelilingi rawa dan tanaman liar. Di area makam juga ditemukan sebuah guci atau gentong yang diperkirakan dibuat tahun 1600-an Masehi,” terangnya, Senin (4/7/2022).

Selain itu, lanjut Jupriyono, nisan makam yang terbuat dari kayu juga masih utuh. Adapun biaya pemugaran makam wali ini diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

“Saat ini proses pembangunannya sudah 50 persen. Insya-Allah dua minggu lagi sudah jadi dan bisa dikunjungi warga,” imbuhnya.

Jupriyono mengungkapkan, pihaknya juga membangun fondasi jalan menuju makam setinggi 1,2 meter dan fondasi area makam setinggi 1,5 meter. Hal itu dilakukan, karena wilayah makam masih dikelilingi rawa dan lumpur.

“Nantinya bangunan makam itu berbentuk seperti pendopo klasik. Biar memberikan kenyamanan buat peziarah juga,” ungkapnya.

Bahkan, Pemerintah Kelurahan Karangsari juga tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat jika di wilayahnya terdapat makam aulia yang berpotensi menjadi wisata religi.

“Selain itu, kami juga sampaikan kepada warga setempat, bahwa makam wali tersebut juga akan menjadi edukasi sejarah,” ujar Jupriyono.

Dirinya berharap, masyarakat Kelurahan Karangsari bisa menunjukkan potensi wilayahnya untuk dieksplore. “Kami juga akan membuat penataan dan gapura yang menarik. Supaya menjadi ciri khas kalau di daerah sini ada makam Wali,” pungkas Jupriyono.(HS)