DPUPR Blora Bersihkan Embung Tambakromo dan Kunduran

 

BATANGPOS.COM, BLORA – Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, membersihkan sekitar sejumlah embung dari sampah dan tanaman liar, Sabtu (30/4/2022).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blora, Ir Samgautama Karnajaya MT, mengatakan kegiatan menjelang Idulfitri 1443 Hijriah itu, bertujuan memelihara infrastruktur embung, sekaligus menyambut warga yang akan berwisata di tempat-tempat tersebut.

“Kami tidak hanya bisa membangun, tetapi juga menyadari bahwa perawatan dan pemeliharaan setelah pembangunan, berperan sangat penting agar infrastruktur embung yang ada tetap terjaga, terpelihara, dan berfungsi dengan baik untuk menunjang irigasi, ketersediaan air baku dan pariwisata,” kata dia, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Dia juga mengatakan berusaha melayani masyarakat yang ingin mengunjungi embung dan waduk, untuk berwisata atau sekadar jalan-jalan, agar merasa aman, nyaman dan bersih.

Sementara itu Kabid SDA, Surat ST MT mengatakan menjelang Lebaran, petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) mengupayakan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan melakukan pemeliharaan rutin infrastruktur embung-embung

“Kami lakukan giat bersih area embung Tambakromo Kecamatan Cepu dan Embung Kunduran bersama jajaran para petugas OP kami. Kegiatan ini akan kami lakukan secara rutin dan berkala, untuk memastikan embung tetap terpelihara dan terjaga dengan baik dan bersih, mengingat di kedua embung tersebut, sering dikunjungi masyarakat untuk berwisata dan memancing,” sambungnya.

Pihaknya berharap, dengan terpeliharanya embung yang baik dapat menunjang infrastruktur embung tetap terjaga dengan baik dan memberikan kenyamanan pada masyarakat untuk dapat menikmati pemandangan wisata embung dengan aman dan nyaman.

Lanjut dia, di Kabupaten Blora terdapat sejumlah waduk dan embung di sejumlah kecamatan, yang dapat dikunjungi oleh masyarakat. Di waduk dan embung tersebut, masyarakat dapat menikmati pemandangan atau memanjakan hobi memancing.

Untuk wilayah Kecamatan Blora, embung dan waduk tersebut, adalah Waduk  Randugunting di Desa Kalinanas; Waduk Tempuran di Desa Tempuran; Embung Rowo di Kelurahan Karangjati; dan Embung Plered di Desa Purworejo.

Masyarakat juga dapat mengunjungi dua embung di Kecamatan Banjarejo, yakni Embung Kedungsambi di Desa Klopoduwur dan Embung Jurangjero di Desa Sidomulyo.

Di Kecamatan Todanan, juga terdapat dua embung yang dapat dikunjungi, yakni Bentolo di Desa Tinapan dan Kajengan di Desa Kajengan.

Dua embung di Kecamatan Jepon, yakni di Desa Sumurboto dan Desa Tempellemahbang juga layak untuk dikunjungi. Demikian pula dengan Embung Guolandak di Desa Karang dan Embung Guyangwarak di Desa Jurangjero, keduanya di Kecamatan Bogorejo.

Di Kecamatan Ngawen, terdapat dua embung yang bisa dikunjungi, yakni Celengan di Desa Sendangmulyo dan Embung Bruk di Desa Sambongrejo.

Selain embung-embung tersebut, masih ada sejumlah embung dan waduk yang bisa dkunjungi, yakni Waduk Greneng di Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan; Embung Tambakromo di Kelurahan Tambakromo, Kecamatan Cepu; Embung di Kelurahan Kunduran Kecamatan Kunduran ; dan Embung Bogem di Desa Bogem Kecamatan Japah.

Dia meminta para pengunjung untuk berhati-hati dan mengedepankan keselamatan, serta mematuhi tanda peringatan dan larangan yang sudah dipasang di setiap embung. (HS-08)